Kuliner Khas Bangkalan Madura Lopes dan Cetter

3/13/2013
Kuliner Khas Bangkalan Madura Lopes dan Cetter

Berbagai jenis Kuliner Khas Madura semakin tergeser oleh adanya makanan dari luar bahkan bisa jadi lambat laun akan punah dan tinggal cerita para orang tua untuk anaknya yang penasaran tentang rasa dan bentuk dari makanan yang pernah populer di kalangan masyarakat madura.

Lopes dan Cetter merupakan Kuliner khas Madura yang dahulu menjadi primadona makanan ringan khususnya Kota Bangkalan - Madura. Makanan tersebut dulu sering dijajakan keliling atau membuka lapak kecil dipinggir jalan. Dahulu TreTans sering membeli makanan tersebut yang seringkali melewati rumah dan terkadang juga membelinya di lapak pinggir jalan dekat rumah yang biasanya buka tiap pagi.

Saat ini sangat jarang ditemui makanan tradisional Bangkalan - Madura ini, penjaja yang biasa lewat rumah sudah tak tak pernah lagi ada dan lapak kecil didekat rumah tak lagi menjajakan makanan dengan ciri khas lelehan gula merah diatasnya ini.

Beberapa waktu lalu, TreTans mendapat info dari salah satu teman bahwa masih ada penjaja makanan Lopes dan Cetter didekat Kantor Kelurahan Demangan - Bangkalan. Pada malam hari sekitar jam 8, kami berangkat menuju penjaja makanan madura dan disana kami menemukan makanan khas tersebut yang dijajakan oleh ibu dan nenek.

Sedikit kami bertanya tentang makanan Lopes dan Cetter yang lopes sendiri bahan dasarnya dari Ketan Putih yang lama proses perebusannya kurang lebih 7 jam yang dibungkus dengan daun pisang. Cara memotongnya-pun masih memakai cara lama yakni menggunakan benang. Setelah lopes dipotong menjadi bagian kecil, kemudian diatasnya ditaburi parutan kelapa dan gula merah.

tak hanya Lopes dan Cetter yang dijajakan, Rujak Petis dan Bihun juga mewarnai lapak makanan yang biasa dijajakan dipinggir jalan kota tersebut.

Lapak sederhana itu buka sekitar jam 6 sore hingga setengah 9 malam dan terkadang lebih awal tutup jika stok kuliner madura sudah habis diburu oleh masyarakat sekitar.

dan berikut adalah dokumentasi kami mengenai Kuliner Khas Bangkalan Madura, Lopes dan Cetter:








LOKASI PEDAGANG MAKANAN KHAS BANGKALAN MADURA, LOPES & CETTER


Klik Gambar untuk Peta Digital Google Maps


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Write Komentar
3 April 2013 07.07 delete

waw sippp.... tretans.com..
kwanyarku.blogspot.com terus menijau tretans

Reply
avatar