Resep dan Cara Membuat Topak Ladeh Khas Madura

8/06/2015
Topak Ladeh di kenal sebagai menu makanan wajib yang harus tersedia ketika momen Hari Raya Ketupat tiba, khususnya bagi masyarakat Bangkalan. Namun ternyata tidak semua orang bisa membuat Topak Ladeh karena proses pembuatannya yang agak rumit. Sebenarnya bumbu bumbu dasar yang di gunakan dalam pembuatan Topak Ladeh ini tidak jauh berbeda dengan bumbu bumbu untuk membuat makanan sejenis lainnya.

Cara Membuat dan Resep Topak Ladeh Madura

Percaya kah anda bahwa hanya sedikit saja orang yang bisa membuat Topak Ladeh dengan rasa yang sempurna ?. Mitos ini sudah akrab sekali di telinga masyarakat Bangkalan, banyak yang telah mencoba membuat tapi terasa belum mantap. Jika anda penasaran untuk mencoba membuatnya langsung kami sudah siapkan daftar bumbu dan cara pembuatannya untuk anda semua.

Baca Juga: Topak Ladeh Kuliner Khas Pasca Idul Fitri Orang Madura

Resep Membuat Masakan Topak Ladeh

Bahan I :
- 1 Kg Daging Sapi segar
- ½ Kg Kacang Panjang
- 2 buah Kelapa
- ½ Kg Telur Ayam
- 1 Kg sayur Manisa
- ½ Kg Jeroan
- Santan Kelapa 400 Ml

Bahan II :
- 15 biji Bawang Merah
- 5 biji Bawang Putih
- 10 biji Cabe Merah besar di buang bijinya
- Kunyit sebesar ibu jari
- Lengkuas ukuran dua ibu jari
- Kunci seruas
- Tiga butir Kencur
- Kayu Manis seruas
- Ketumbar ukuran 3 sendok makan
- Jinten ukuran 1 sendok makan
- Merica ukuran 1 sendok teh
- Jahe seruas
- 1 butir Pala
- 2 batang Serai Digeprek
- 5 Lembar Daun Jeruk Purut
- Garam secukupnya
- Penyedap bumbu
- Bawang Goreng untuk taburan

Bahan III (Sambal Kacang Panjang) :
- 1 Ons Biji Kacang Panjang

Cara Membuat Topak Ladeh


Langkah Pertama :
1. Daging beserta Jeroan di masak sampai empuk, setelah itu Daging dan Jeroan di potong. Bila anda menggunakan Usus, Usus di ikat dengan tali Rafia fungsinya supaya isi Usus tidak keluar. Sisa air rebusan Daging dan Jeroan di simpan untuk di jadikan kaldu.

2. Telur Ayam di kukus hingga matang, lalu angkat dan kupas telur hingga bersih kemudian telur di goreng.

3. Sayur Kacang Panjang di potong dengan ukuran sekitar 6 cm, kemudian di ikat dan masing – masing ikatannya di isi 5 potong sayur Kacang Panjang kemudian di kukus hingga matang cukup 10 menit saja.

4. Sayur Manisa di kukus, di potong sesuai selera tapi biasanya tidak terlalu kecil ukurannya.

Langkah Kedua :
1. Kelapa di parut kemudian di goreng kering tanpa minyak sampai Kelapa berubah warna menjadi coklat tua.

2. Ketumbar, Jinten, Merica di goreng kering tanpa minyak (di sangrai ) sampai harum kira – kira dua menit saja dengan api kecil. Sisihkan dulu.

Kemudian campur Kelapa yang sudah di goreng tadi dengan Ketumbar, Jinten, Merica yang juga sudah di goreng. Setelah dua bahan tersebut tercampur biasanya masyarakat Bangkalan memiliki kebiasaan menghaluskan dengan cara di tumbuk, namun jika anda tidak ingin repot dan merasa capek anda cukup menggilingnya saja. Tergantung anda memilih cara yang bagaimana, yang penting Kelapa di haluskan sampai mengeluarkan minyak.

Langkah Ketiga :
1. Bawang Merah, Bawang Putih, Lengkuas, Kunyit, Kencur, Jahe di goreng setengah matang, kemudian di haluskan.

2. Setelah halus bumbu kembali di goreng sampai benar – benar matang.

Langkah Keempat :
Biji Kacang Panjang di sangrai hingga kering kemudian di haluskan dengan cara di tumbuk atau di giling campuri garam dan bumbu penyedap agar rasanya nikmat.

Langkah Kelima :
Siapkan Panci besar ukuran 2 Kg, masukkan kaldu daging sisa rebusan tadi, Potongan Daging dan Jeroan, masukkan bumbu kelapa yang sudah di haluskan tadi, masukkan bumbu merah yang sudah di goreng sampai benar – benar matang, Serai, Kayu Manis, Daun Jeruk Purut, Pala masak menjadi satu. Setelah mendidih tambahkan penyedap sesuai selera kemudian masukkan santan kelapa lalu masak hingga matang.

Cara Penyajian Topak Ladeh:

Dalam satu piring tata irisan Ketupat sebanyak delapan irisan bisa juga sesuai selera, taruh masing masing dua iris Daging dan Jeroan, tata juga irisan sayur Manisa, irisan telur goreng, satu ikat Sayur Kacang Panjang kemudian siram dengan kuah Topak Ladeh lalu taburi bawang goreng, sediakan Sambal Kacang Hijau di samping piring. Topak Ladeh pun siap di sajikan di atas meja.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »