Proses Pembuatan dan Harga Bebek Songkem Pak Salim 2022

1/25/2022
Sudah nggak bisa dipungkiri kalau nasi bebek menjadi primadona kuliner di Madura. Selain terkenal dengan lezatnya sajian Bebek Sinjay di Bangkalan, Madura juga memiliki sajian kuliner dari bebek yang nggak kalah lezat, nikmat bahkan aman untuk kolesterol. Namanya adalah Bebek Songkem.

Pilihan kuliner Bebek Songkem ini bisa menjadi pilihan tepat buat teman-temna yang mau makan nasi bebek tanpa khawatir terkena kolesterol. Selain itu bagi kalian yang ingin makan nasi bebek tanpa digoreng, Bebek Songkem jawabannya. Karena cara memasaknya bukan digoreng mealinkan dikukus.


Pasti teman-teman baru dengar ya, ada kuliner dari bebek yang cara memasaknya bukan digoreng melainkan dikukus? Uniknya lagi proses pengukusan ini membutuhkan waktu berjam-jam dan yang membuat aroma bebek songkem ini sangat khas dan wangi karena selama proses pengukusan bebek yang sudah diberi bumbu dibungkus dengan daun pisang. Menarik sekali bukan?

Mengenal Sejarah Bebek Songkem


Ada cerita sejarah yang bisa teman-teman ketahui dibalik kuliner Bebek Songkem yang terkenal ini. 'Songkem' dalam bahasa Madura berarti sujud atau tanda hormat. Madura lekat dengan kultur yang relijius dan sangat menghormati pemimpin agama atau kyai mereka. Begitu pula di Kabupaten Sampang.

Ada tradisi kuno ketika orang-orang Sampang hendak sungkeman atau berkunjung untuk memberi hormat pada kyai, mereka membawa buah tangan berupa masakan daging bebek. Daging bebek ini disajikan utuh dengan posisi leher tertekuk seolah sedang menghaturkan songkem pada kyai yang dihormati, sehingga hidangan ini dinamakan bebek songkem.

Menikmati Kuliner Bebek Songkem Pak Salim dari Sampang


Sekilas kalau diperhatikan dari dekat, kuliner ini mirip dengan bebek yang dipepes. Namun jangan pernah melewati kesempatan untuk mencicipinya ketika berada di Madura. Mengapa? Karena rasanya sangat nikmat dan tentunya mampu menggoyangkan lidah. Proses pembuatannya pun terbilang cukup rumit.

Itu karena hanya bebek berkualitas baik saja yang dipiih menjadi bahan utamanya. Salah satu restoran bebek songkem yang terkenal di Madura bisa kalian temukan di Bebek Songkem Pak Salim di Sampang. Sejak diwaralabakan pada 2011, kedai bebek songkem milik Pak Musalim ini memang bisa ditemukan di beberapa titik.

Mulai dari sekitar jembatan Suramadu bahkan hingga ke luar Pulau Madura. Namun, gerai-gerai cabang ini berpusat dari Kabupaten Sampang. Di pusat kota Sampang, depot utama Bebek Songkem Pak Salim bisa ditemukan di Jalan Trunojoyo 9A, sekitar 100m ke arah selatan dari Monumen Sampang.

Uniknya Proses Pembuatan Bebek Songkem Pak Salim


Cara memasaknya bukan digoreng ke dalam minyak panas, bukan pula direbus di air mendidih. Melainkan dikukus, ini berarti uap panas yang melunakkan daging bebek, dari permukaan sampai ke daging yang paling dekat tulang. Untuk menghasilkan daging yang benar-benar empuk, tidak main-main, bebek dikukus selama minimal 3 jam.

Bebek dikukus dalam keadaan utuh. Sekali pengukusan, satu panci besar bisa memuat hingga 15 ekor bebek. Keunikan bebek songkem tidak berhenti di sini. Bebek tidak dikukus menggunakan air, melainkan pelepah daun pisang. Jadi, apa yang diletakkan di bawah saringan panci kukusan adalah pelepah pisang.

Pelepah pisang inilah yang nantinya mengeluarkan uap panas yang akan melunakkan daging bebek. Pengukusan menggunakan api kecil untuk menjaga agar daging tidak gosong. Sebelum masuk ke panci kukusan, bebek yang sudah dikuliti dan dicuci bersih dilumuri bumbu alami, seperti bawang dan cabai.

Meski dikukus dalam keadaan utuh, jeroan atau organ dalam sudah dipisahkan terlebih dahulu untuk semakin mengurangi kadar lemak. Bebek yang sudah dilumuri bumbu kemudian masih dibungkus lagi dengan daun pisang. Baru kemudian bebek siap dikukus. Setelah terpapar uap panas selama minimal 3 jam, daging bebek benar-benar empuk.


Selain itu, bagian gajih pada daging bebek juga secara otomatis lengket di pelepah pisang. Belum lagi aroma langu daun karena uap panas dihasilkan dari pelepah dan bungkus yang juga berupa daun pisang. Aroma yang sangat pas dengan lumuran bumbu yang gurih dan pedas, cocok sekali untuk kalian pecinta makanan pedas.

Hampir seluruh bagian daging akan dilumuri cabai yang sudah dihaluskan. Proses pelumuran ini berlangsung sebelum dikukus. Bahkan kalian juga bisa mendapatkan sensasi rasa gurih. Sensasi rasa menu Bebek Songkem Pak Salim memang tidak terlupakan bagi mereka penggemar olahan bebek.

Harga Bebek Songkem Pak Salim Tahun 2022


Jangan lupa untuk meyiapkan uang mulai dari Rp. 25.000, - per porsinya dan untuk bebek utuh dihargai Rp67.000. Soal harga Bebek Songkem Pak Salim cukup ramah dikantong terlebih kuliner ini dikenal rendah kolesterol sebagai efek dari metode pengukusan. Bebek Songkem sempat memilih jargon ‘pilihan para dokter, karena banyak dikunjungi para dokter.

Selain itu Pak Salim rupanya sangat menjaga kualitas bebek yang digunakan untuk dimasak. Bukan sembarang bebek yang digunakan melainkan bebek dengan syarat tertentu yang dipilih antara lain berusia antara 45-50 hari dengan berat maksimal 1 kg, sehingga empuknya pas untuk 3 jam pengukusan.

Cara Pesan Bebek Songkem Pak Salim No Drama No Ribet


Di zaman sekarang teman-teman bisa dengan mudahnya mencari tahu banyak hal melalui internet termasuk mengenal kuliner bebek songkem ini. Bukan hanya itu saja, bahkan sajian kuliner Bebek Songkem Pak Salim ini bisa dipesan melalui online di salah satu ecommerce seperti Tokopedia, hal ini memudahkan bagi kalian yang tinggal jauh dari gerai dan ingin menikmari bebek songkem.

Tenang saja, kalian cukup pesan melalui ecommerce dan menunggu sampai pesanan datang. Ngomongin soal memesan online, tentunya kita nggak akan bisa pesan online tanpa internet bukan? Kepikiran nggak sih kalau sampai kehabisan kuota internet padahal belum ada sebulan yang ngisi kuota?

Kehabisan kuota internet saat sedang pesan sesuastu melalui online memang drama yang kerap terjadi. Tapi sekarang kamu bisa bebas beraktivitas di dunia online baik itu belanja, belajar, beribadah sampai bekerja yang no drama no ribet. Karena itulah Smartfren percaya diri untuk meluncurkan paket Unlimited dengan manfaat double FUP.

Dimana Smartfren bisa memastikan kalau paket ini akan memberikan pengalaman koneksi internet untuk menjadi teman terbaik bagi saya dan kalian semua yang ingin internetan jadi no drama no ribet. Memang manfaat double FUP itu apa saja?

Manfaat double FUP tersebut mulai dari paket Smartfren Unlimited Harian Rp80.000 (1 GB per hari plus bonus double FUP 1 GB per hari) dan Rp100.000 (1,5 GB per hari plus bonus double FUP 1,5 GB per hari). Internetan jadi makin bebas khawatir dan no ribet, karena paket ini berlaku 24 jam, bisa dipakai di semua aplikasi tanpa syarat.

Bonus double FUP ini bisa didapatkan untuk pembelian paket dalam periode promo mulai yang dimulai dari 12 Januari 2022. Selain itu, kita juga punya banyak pilihan Unlimited Harian lain yang berlaku 24 jam dan bisa dipakai untuk semua aplikasi. Jadi kita sudah nggak perlu ribet-ribet lagi kalau mau ngeyoutube mesti tengah malam, sekarang kapanpun bisa.

Ada Unlimited Harian Rp. 22.500 yang berlaku 7 hari, Rp. 40.000 untuk 14 hari dan Unlimited Harian Rp60.000 yang berlaku 28 hari. Nah kan, paket unlimited harian ini pas banget untuk kamu dalam berkegiatan di dunia digital saat budget lagi ngepas ngepasnya nih. Tinggak kamu sesuaika saja dengan kebutuhanmu, pagi ataupun malam bebas.

Selain itu yang bikin makin happy lagi kita para pelanggan masih dimanjakan lagi dengan kesempatan untuk bisa mengumpulkan SmartPoin setiap kali membeli paket internet. SmartPoin yang didapat bisa ditukar dengan berbagai macam hadiah menarik, mulai dari makanan atau minuman, dan sebagainya.

Bersamaan dengan paket Smartfren Unlimited terbaru, Smartfren juga resmi menggandeng UN1TY sebagai brand ambassador. Dipilihnya UN1TY sebagai brand ambassador karena memiliki semangat yang sama dalam kokreasi dan berkolaborasi, sekaligus menguatkan Smartfren sebagai brand yang membuka peluang industri kreatif.


Smartfren dan UN1TY ingin menginspirasi lebih banyak orang untuk terus berkarya, serta membuka peluang baru dengan memanfaatkan internet. UN1TY adalah grup musik yang beranggotakan 8 anak muda yang secara konsisten mengajak anak-anak muda untuk terus berkarya dan menyebarkan semangat positif.

Biar #NoDramaNoRibet saat lagi pesan makanan ataupun lagi asyik streaming, pastikan kamu sudah pakai Smartfren Unlimited yang 2x lebih besar barga tetap dengan benefit 1GB/hari serta akses 24 jam ke semua aplikasi dan nikmati juga Gratis Nelpon ke semua Smartfren sepuasnya.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »