Kuliner Unik Soto Mata Sapi di Bangkalan

9/15/2019
Teman-teman, suka kuliner ekstrem? kalau iya jangan sampai kelewatan mencoba kuliner Soto Mata Sapi yang ada di Bangkalan. Sekilas tampilannya tidak berbeda dengan kuliner serupa. Berkuah kuning dengan berbagai isian. Begitu teman-teman mengaduk akan muncul bagian mata sapi yang masih berbalut daging dan tulang.


Soto Mata Sapi ini terletak di desa Pancar, Kecamatan Burneh, Bangkalan Madura. Tempatnya sangat sederhana, tapi jangan salah meski demikian tempat ini sangat bersih dan higienis. Makan di tempat ini kalian tidak akan duduk di kursi bahkan kalian tidak akan menjumpai meja. Tetapi di tempat ini disediakan kursi anyaman yang sangat lebar untuk duduk bersila di atasnya.

Baca juga: Soto Merah Daging Khas Bangkalan

Soto Mata Sapi ini di buat dengan bumbu rahasia dan di sajikan dengan kuah soto dan juga di beri irisan daging sapi. Meskipun kelihatannya aneh dan mengerikan, namun rasanya enak dan nikmat sekali. Soto Mata Sapi sangat lezat di santap dalam keadaan masih hangat dengan sambal yang pedas, jangan lupa perasan jeruk nipisnya.


SAJIAN PELENGKAP SOTO MATA SAPI

Soto ini berwarna merah karena menggunakan cabe merah halus dan bumbu khas Soto Bangkalan sebagai bumbunya dan tanpa menggunakan kunyit seperti soto pada umumnya. Bahan yang dibuat soto adalah mata sapi, daging sapi, dan usus sapi. Semua bahan dasar Soto Mata Sapi direbus sampai lima jam, sehingga menghasilkan kuah yang kental dan pekat.

Mata sapi yang digunakan tidak diiris kecil-kecil tetapi masih terutama bola matanya tetapi bila teman-teman menginginkannya untuk diiris  bisa langsung meminta ke penjualnya. Namun, jika teman-teman tidak berani untuk memakan mata sapi, teman-teman bisa menikmati soto tanpa mata sapi.


Sebagai bahan pelengkap soto biasanya ditambahkan ketupat atau topak. Topak seperti lontong tapi tidak dibungkus dengan daun pisang melainkan daun kelapa. Topak diiris menjadi beberapa bagian dan ditambah kecambah, kacang, jagung, bawang goreng, irisan cabe rawit dan air perasan jeruk.

Selain itu teman-teman juga bisa mencoba menyantap soto mata sapi dengan tambahan bumbu rujak, dijamin rasanya semakin nikmat. Satu porsi Soto Mata Sapi adalah Rp. 25.000 dan untuk Soto Daging Rp. 15.000, cukup membayar seribu rupiah jika ingin makan dengan ketupat atau topak.


Warung Soto Mata Sapi yang ada di desa Pancar ini mulai buka dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Jadi, sudah siap menikmati kuliner ekstrem Soto Mata Sapi?.



VIDEO KULINER SOTO MATA SAPI BANGKALAN




Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »