Beberapa Hal Tentang Karimunjawa

9/29/2019
Karimunjawa. Sudahkah Tretans semua pergi menikmati keindahan Kepualauan Karimunjawa?. Sama seperti Kepulauan yang ada di Kabupaten Sumenep seperti Gili Labak, Gili Iyang maupun Gili Genting, Kepulauan Karimunjawa bahkan lebih dulu sudah terkenal dengan wisata alamnya yang begitu mempesona.

Kepulauan Karimunjawa yang berada di utara Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, selalu menjadi magnet bagi wisawatan. Bukan hanya turis lokal, pelancong mancanegara pun kerap mengunungi pulau-pulau tersebut. Maklum, Karimunjawa memang indah. Di sini para pelancong disajikan keindahan alam, mulai dari hamparan bukit nan hijau hingga terumbu karang di bawah laut.


Karimunjawa di lepas pantai Jepara, Jateng memiliki hamparan pasir putih dan lautan yang eksotis. Senjanya juga sangat memukau lho, Tretans. Karimunjawa sendiri merupakan kepulauan yang terdiri dari 27 pulau. Tidak akan Tretans sangka Pulau Karimunjawa memang benar-benar menyimpan keindahan perairan laut Jawa.

Sehingga tidak heran Karimunjawa layak disebut sebagai The Carribbean of Java karena pasir putihnya, perairannya yang bening, tenang, dan keindahannya yang eksotis. Bukan hanya itu saja lho, ada beberapa hal yang perlu Tretans ketahui mengenai Karimunjawa ini. Berikut hal apa saja yang harus diperhatikan saat berkunjung ke sana.

1. Cek website BMKG

Cek terlebih dulu perkiraan BMKG sebelum berangkat karena jika ketinggian gelombang lebih dari 3.0 meter, jadwal keberangkatan akan dibatalkan. Jadi, retans masih harus menunggu 1-2 hari agar dapat berangkat menyeberang. Cek website BMKG merupakan salah satu hal penting sebelum berkunjung ke Karimunjawa.

2. Jangan Datang di Waktu yang Salah

Hal penting yang kedua adalah menentukan tanggal yang tepat karena pemilihan tanggal mempengaruhi jenis dan waktu tempuh transportasi yang akan digunakan untuk menyeberang ke Karimunjawa. Jika Tretans ingin berangkat dari Semarang, lebih baik pergi di hari Sabtu atau Kamis.

Itu karena hanya terdapat 1 kapal yang berangkat dari Semarang (KMC Kartini yang berangkat hanya di hari Sabtu dan Kamis). Selain itu ada juga pesawat cesna yang berangkat dari Semarang di hari Kamis dan Jumat. Namun, jika ternyata berhalangan berangkat di hari itu, terpaksa harus ke Kabupaten Jepara terlebih dulu.

Di sana ada 2 kapal jenis feri, yaitu Express Bahari dan Siginjai. Keduanya hanya memiliki 1 jadwal keberangkatan tiap harinya. Jadi kalau semisal Tretans ketinggalan kapal, terpaksa menunggu keesokan harinya. Jangan sampai ketinggalan ya!.

3. Rencanakan Kunjungan

Sebisa mungkin sebelum berangkat Tretans sudah matang-matang membuat rancangan perjalanan, bahkan minimal seminggu sebelum keberangkatan (terutama jika kalian datang di puncak masa liburan pada bulan Juni-Agustus). Hotel atau homestay juga cepat sekali penuh jadi harus gerak cepat jika ingin mendapat penginapan yang Tretans incar.

Terlebih lagi jika Tretans ingin berbulan madu bersama pasangan di Karimunjawa, ada baiknya lho kalian cek paket honeymoon Karimunjawa. Supaya rencana bulan madu Tretans di Karimunjawa terasa sangat menyenangkan dan nyaman bersama pasangan.

4. Gunakan Pemandu Wisata

Supaya liburan di Karimunjawa lebih menyenangkan dan mudah Tretans bisa juga menggunakan pemandu wisata. Tarif pemandu wisata di Kepulauan Karimunjawa juga relatif murah. Sekitar500 ribu untuk dua hari. Harga tersebut sudah termasuk mobil yang akan anda gunakan untuk berkeliling pulau.

Tretans juga bisa saja berkeliling tanpa pemandu. Namun banyak spot menarik di pulau ini yang mungkin Tretans lewatkan. Sebab daratan Karimunjawa memiliki luas daratan 1.500 hektare plus perairan mencapai 110.000 hektare.

5. Taman Nasional Karimunjawa

Lalu apa yang bisa ditelusuri di Karimunjawa? Banyak. Di sini, misalnya, tretans bisa menjelajahi Taman Nasional Karimunjawa. Ada ragam hewan liar macam rusa, kucing hutan dan yang paling ikonik ialah pohon Dewandaru. Kayu pohon Dewandaru ini konon jenis kayu yang selama ini dipakai sebagai bahan pembuat tongkat komando para panglima TNI atau Polri karena dianggap memiliki daya magis yang kuat.

Selain taman nasional, Karimunjawa juga memiliki ‘Bukit Cinta’. Disebut demikian karena di atasnya ada tulisan besar 'Love' lengkap dengan rumah pohon berbentuk hati. Banyak turis yang berselfie di sini. Selain itu, dari puncak bukit ini, Tretans juga akan dimanjakan oleh pesona alam yang mantap: gugusan pulau kecil tampak menyembul dari kejauhan.

6. Snorkling di Karimunjawa

Aktivitas lain yang bisa Tretans lakukan di Karimunjawa adalah snorkling. Untuk yang satu ini, Tretans bisa menghubungi biro perjalanan lokal yang menawarkan snorkling dengan tarif Rp 20-30 ribu. Cukup murah, bukan?. Pemandu wisata pasti akan mengarahkan ke spot-spot menarik yang terdapat biota lautnya. Tapi ingat, jangan menginjak terumbu karang.

Terumbu karang di sini memang jadi aset penting bagi Karimunjawa. Tretans bisa menyaksikan ikan-ikan menyembul keluar serta bersentuhan dan ‘menyapa’ aneka biota laut. Setelah puas menikmati panorama bawah laut, Tretans juga bisa berbaring sejenak di bibir pantai sambil menikmati sunset.

Jadi, bagaimana?. Sudah siap untuk pergi berlibur ke Karimunjawa?. Pastikan beberapa hal penting sudah Tretans siapkan supaya rencana liburan di sana menjadi lebih menyenangkan dan terkesan. Singkirkan semua alat elektronik, just breathe in the fresh air and enjoy the beauty of Karimunjawa!.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »