Kuliner Tradisional Kue Bongko Khas Arosbaya - Bangkalan

4/15/2018
Konon katanya masyarakat Madura suka sekali dengan jenis makanan yang asin-asin, betulkah begitu?. Apa jadinya ya kalau di Madura tepatnya di Kabupaten Bangkalan ada sebuah wisata kuliner dengan cita rasa manisnya yang sangat legit di mulut. Penasaran kan? Jadi, beberapa hari yang lalu kami berkesempatan untuk meliput langsung si kue manis ini.

Kue Bongko khas dari Kecamatan Arosbaya Bangkalan, sebenarnya kue manis ini sudah tidak asing di telinga masyarakat sekitar karena rasanya yang enak sekali. Cocok untuk dijadikan camilan bisa juga disuguhkan saat ada tamu yang berkunjung ke rumah. Untuk harganya sendiri sangat murah lho, teman-teman cukup membayar Rp. 3.000,- saja untuk satu bungkus kue Bongko Arosbaya ini.

Jenis kuliner yang satu ini memang terkenal berasal dari Keamatan Arosbaya, entah kalau ada versi serupa dari daerah lainnya. Di Arosbaya sendiri cukup banyak bisa ditemukan namun yang menjadi makanan khas desa ini khas dan favorit ialah, dimana kue manis ini berbentuk seperti bubur namun bentuk serta pengemasan Bongko yang menjadi ciri khas yang berbeda.

Menurut salah satu penjualnya di desa Arosbaya, resep Bongko sendiri diperoleh secara turun temurun kue manis ini dinamakan Bongko karena sebenarnya kue ini awalnya hanya di jual di rumah bukan di warung. Selain itu karena makanan ini hanya di jual di rumah, maka orang mengartikan makanan tersebut makanan rumah, dan arti rumah sendiri dalam bahasa madura yaitu Bungko sehingga dinamakan Bongko.

Nikmatnya Kue Bongko Khas Arosbaya

Untuk teman-teman yang penasaran dapat menikmati makanan khas Arosbaya ini dengan mudah. Tidak akan sulit untuk mencarinya dimana jika hari biasa Bongko biasa di jual di pasar dan ketika bulan ramadhan di warung-warung pinggir jalan desa Arosbaya juga akan mudah ditemui.

Selain sebagai makanan khas Bongko juga salah satu makanan tradisional yang dapat bertahan dan tetap ada meskipun banyak makanan tradisional yang tergeser oleh makanan modern lainnya yang lebih menarik untuk dinikmati.

Kue Bongko Arosbaya
 Foto Kuliner Tradisional Kue Bongko Arosbaya

Kendala yang biasa dihadapi oleh penjual Bongko Arosbaya adalah banyaknya Bongko yang beredar di pasaran itu bukan Bongko asli Arosbaya atau dalam arti yaitu produk tiruan. Maka dari itu perhatian dari instansi atau lembaga terkait sangat dibutuhkan guna meningkat kesejahteraan hidup penjual Bongko Arosbaya.

Tapi teman-teman tidak perlu khawatir untuk membedakan mana Bongko yang asli atau yang palsu. Atas rekomendasi banyak orang akhirnya kami memutuskan untuk membeli kue Bongko ini di dekat Puskesmas Arosbaya. Sebuah warung kecil yang sangat sederhana, mulai buka dari pukul 6 pagi sampai Bongkonya habis terjual.

Oke, selamat menikmati kuliner manis ini ya. Supaya memudahkan teman-teman mencari tempat penjual Bongko kami sudah menautkan Google Mapsnya.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »