Tips Menonton Event Kerapan Sapi di Madura

10/28/2015
Kerapan Sapi menjadi ajang agenda tahunan di Pulau Madura. Even internasional ini selalu mampu mendatangkan ribuan penonton baik yang berasal dari dalam negeri juga luar negeri. Minggu kemari kami tim dari PulauMadura sengaja meliput khusus even Kerapan Sapi ini. Masih dalam babak final Tingkat Kabupaten Bangkalan untuk menentukan siapa yang akan menjadi wakil Kabupaten pada Kerapan Sapi Piala Presiden nanti.

Kerapan Sapi Tingkat Kabupaten Bangkalan 2015
Bukan sekedar pertandingan biasa, namun ajang ini kerap dijadikan sebagai sarana silaturahmi dan bahkan pamer gengsi. Kerapan Sapi tingkat kabupaten kemarin diadakan serempak pada empat Kabupaten di Pulau Madura, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Setiap Kabupaten dipenuhi para peserta yang siap mengadu kecepatan lari sapi jagoan mereka.

Di Kabupaten Bangkalan salah satunya, tercatat ada 36 pasang sapi yang siap untuk dipertandingkan pada hari minggu kemarin. Stadion RP. Moh Noer dipilih pemerintah daerah setempat menjadi digelarnya ajang Kerapan Sapi di Bangkalan. Stadion RP. Moh Noer ini merupakan stadion kedua di Bangkalan setelah Stadion Gelora Bangkalan. Bangunannya juga terhitung cukup baru jadi tidak heran kalau masih sangat gersang dan jarang pepohonan.

Selain dipadati oleh ribuan penonton yang berada di dalam stadion juga banyak penjual makanan, minuman dan penjual topi serta masker. Maklum saja akhir – akhir ini sinar matahari di Pulau Madura sedang menyengat sekali. Belum lagi waktu yang dibutuhkan untuk menonton kerapan tidak sebentar, kita harus sedikit berdesak – desakan ketika sapi-sapi siap untuk berlari.

Seperti biasa sebelum pertandingan dimulai sapi-sapi di arak mengelilingi stadion sambil melakukan persiapan. Maka dimulailah babak penyisihan, yaitu dengan menentukan klasemen peserta, peserta biasanya pada babak ini hanya terpacu sekedar untuk menentukan apakah sapinya akan dimasukkan “papan atas” atau “papan bawah”. Hal ini hanyalah merupakan taktik bertanding antar pelatih untuk mengatur strategi.

Selanjutnya dimulailah ronde penyisihan pertama, kedua, ketiga dan keempat atau babak final. Dalam ronde-ronde ini pertandingan memakai sistem gugur. Sapi-sapi kerap yang sudah dinyatakan kalah tidak berhak lagi ikut pertandingan babak selanjutnya.

Uniknya dalam Kerapan Sapi Madura ini, pada babak kualifikasi jika ada sepasang sapi kalah dalam pertandingan akan dimasukkan dalam pertandingan bagian kalah artinya ada 2 sesi dalam adu lomba kerapan sapi, Bagian Kalah dan Bagian Menang.

Tips Menonton Event Kerapan Sapi Madura



Bagian kalian yang ingin menyaksikan event kerap sapi yang sangat fenomenal ini, ada beberapa tips dari kami:

1. Memakai pakaian yang menutup anggota badan dari sengatan sinar matahari kecuali wajah dan tangan.

2. Membawa payung.

3. Menggunakan Sun Block dan vitamin rambut bagi yang tidak menggunakan hijab.

4. Memakai Sepatu atau Flat shoes supaya bisa bergerak bebas.

5. Sediakan air mineral atau makanan kecil di dalam tas, walaupun disana banyak penjual makanan dan minuman.

6. Sebelum menonton pertandingan, pastikan betul kondisi badan kita sedang fit karena pertandingan Kerapan Sapi ini berlangsung lam, bisa sehari atau bahkan 3 hari.

7. Awasi betul bagi kalian yang berencana menonton Kerapan Sapi dengan membawa anak kecil.

8. Tetap waspada dan jaga barang pribadi selama menonton.

Selamat menonton, sampai ketemu lagi pada event Kerapan Sapi Piala Presiden tanggal 1 November 2015 di Lapangan Stadion Soenarto Hadiwidjojo Pamekasan. Siapkan kamera kalian untuk mengabadikan setiap momen – momen seru nantinya.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »