WOW! Ada Obyek Wisata Alam Hutan Mangrove di Desa Labuhan - Bangkalan

11/08/2016

Hutan Mangrove bukan saja berfungsi untuk menjaga kelestarian bumi tapi sebagai salah satu wahana wisata edukasi dan pilihan berlibur bagi keluarga. Akhir-akhir ini banyak tempat yang tersebar diseluruh daerah di Indonesia yang menyediakan wisata Hutan Mangrove. Seperti di Hutan Mangrove Kulon Progo Yogyakarta yang banyak memberikan fasilitas wisata untuk berlibur.

Hutan bakau atau disebut juga hutan mangrove adalah hutan yang tumbuh di air payau dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut. Hutan ini tumbuh khususnya di tempat-tempat di mana terjadi pelumpuran dan akumulasi bahan organik. Baik di teluk-teluk yang terlindung dari gempuran ombak, maupun di sekitar muara sungai di mana air melambat dan mengendapkan lumpur yang dibawanya dari hulu.

Mangrove Education Park - Labuhan Bangkalan

Mengapa harus Hutan Mangrove? Tahukah kalian jika banyak sekali Manfaat Hutan Mangrove atau Hutan Bakau untuk Kehidupan Alam jadi sangat layak untuk dikembangbiakkan, beberapa manfaatnya adalah Bahan untuk membuat Arang Kayu, Bahan Pewarna dan Kosmetik, Bahan Pangan dan Minuman selain itu tempat berkembangbiak berbagai biota laut seperti Kepiting Bakau, Biawak, Udang, dll

Pelestarian Hutan Mangrove sangat penting karna juga untuk melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan oleh air laut, serta meredam gelombang besar seperti Tsunami yang banyak terjadi terutama di Jepang. by: Wikipedia Hutan Bakau


Di Madura Ada Wisata Hutan Mangrove !


Benar sekali, di Madura tepatnya di Kecamatan Sepulu, Kabupaten Bangkalan terdapat Wahana Wisata Hutan Mangrove. Belum banyak masyarakat yang tahu akan keberadaan objek wisata alam yang satu ini. Pada saat Tim Gerbang Pulau Madura sampai disana sangat mengejutkan sekali karena tempat dan fasilitasnya yang sudah siap untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Taman Pendidikan Mangrove Labuhan ini terletak di desa Labuhan Kecamatan Sepulu atau sekitar 40 Km dari arah utara Kota Bangkalan sebelum Pantai Siring Kemuning. Sebenarnya menyeberang sedikit tepatnya di Kota Surabaya terdapat objek wisata yang sama yakni Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya. Tapi tidak ada salahnya jika teman-teman datang berkunjung di Hutan Mangrove milik orang Madura ini.

Kawasan hutan Mangrove Labuhan ini sebenarnya adalah bekas kawasan tambak yang diubah menjadi area konservasi Mangrove. Kemudian dikembangkan menjadi Taman Pendidikan Mangrove oleh Kelompok Tani Mangrove “Cemara Sejahtera” yang merupakan kelompok binaan PT. Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore.

Wisata Hutan Mangrove di Desa Labuhan Kecamatan Sepulu

Apa Saja yang Bisa Kita Lakukan Wisata Hutan Mangrove ?


Namanya juga objek wisata atau taman edukasi pasti akan ada banyak hal yang bisa teman-teman temui saat berada disana. Bukan hanya itu saja pengelola taman edukasi Hutan Marove Labuhan ini sudah mempersiapkan banyak kegiatan positif dan menyenangkan yang berhubungan langsung dengan Hutan Magrove dan ekosistem yang ada disekitarnya.

1. Jelajah Kehati, Konservasi Mangrove dan Adopsi Cemara Laut

Dalam kegiatan ini para wisatawan akan diajak untuk jelajah hutan Mangrove mengenal flora dan fauna. Seperti burung, reptil, serangga, mamalia, crustaceae dan ikan. Bukan hanya itu saja teman-teman akan diajak juga untuk membuat herbarium, pembibitan dan adopsi cemara laut. Tidak ketingalan juga ada Fun Game yang akan membuat waktu berjelajah semakin seru.

Kegiatan ini ditujukan untuk siswa siswi SMP dan SMA dengan durasi dari jam 08.00 – 16.30 WIB. Dikenakan tiket sebesar Rp. 45.000,- para peserta akan mendapatkan fasilitas trainer, peralatan pembibitan dan herbarium, bibit juga makan siang.

2. Ayo Petik Pepayamu !

Pada kegiatan kali ini rasanya sangat cocok untuk dilakukan bersama buah hati, apalagi kegiatan petik pepaya ini sarat dengan edukasi. Seperti Fun game, mewarnai Mangrove, belajar bertani (memetik buah pepaya), dan berternak di sekitar hutan Mangrove. Seperti memberi makan kambing dengan daun Mangrove dan tentu saja mengenal fauna yang ada di hutan Mangrove.

Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp. 25.000,- buah hati sudah bisa belajar berkebun buah pepaya durasi dari pukul 08.00 – 15.30. Setia anak akan mendapatkan fasilitas berupa pemandu, kertas gambar dan satu buah pepaya.

Rumah Panggung Hutan Mangrove Labuhan

3. Mangrove Camp

Untuk teman-teman yang suka berpetuaang sambil menggelar tenda untuk camping rasanya pilihan kegiatan Mangrove Camp ini tepat. Fun camping di hutan Mangrove sembai menjelajah hutan mengenal jenis Mangrove dan satwa liar. Membuat herbarium Mangrove, pembibitan dan menanam Mangrovesambil diskusi sekaligus Fun Game bersama Tim yang sudah dibentuk.

Ada juga Night Safari untuk kamu yang suka tantangan selain itu jelajah trekking rasanya akan memuaskan hasrat teman-teman pecinta alam. Durasi yang diberikan selama dua hari satu malam dengan biaya sebesar Rp. 80.000,- untuk setiap satu orang dengan fasilitas trainer, fasilitator, peralatan fish trap, dan bibit Mangrove itu semua juga termasuk dengan makan 3x.

4. Jelajah Konservasi Mangrove

Nah, bagi teman-teman yang ingin menlihat Hutan Mangrove lebih dekat dan ingin mengetahui secara detail semua hal tentang hutan Mangrove bisa ikut kegiatan ini. Akan ada banyak kegiatan seru seperti jelajah hutan mengenal ekosistem pesisir, mengenal pembibitan dan penanaman Mangrove atau cemara laut, juga daiajak untuk mengenal flora dan fauna yang dilindungi.

Durasi dari jam 08.00 – 16.00 WIB teman-teman bisa membayar tiketnya sebesar Rp. 35.000,- per orang. Fasilitasnya apa saja ? ada trainer, peralatan pembibitan dan tentunya mendapat fasilitas makan siang.

5. Jelajah Konservasi Mangrove dan Adopsi Cemara Hutan

Berbeda dengan kegiatan yang pertama tadi, kali ini paket wisata yang dibuat lebih sedikit kegiatan namun tetap ada hubungannya dengan hutan Mangrove. Seperti pembibitan dan penanaman Mangrove, Jelajah Trekking, adopsi cemara laut dan fun game. Tiketnya sebesar Rp. 40.000,- dengan durasi dari jam 08.00 – 16.00 WIB. Fasilitas yang diberikan masih sama, yakni trainer, peralatan pembibitan Mangrove dan makan siang.

Jadi bagaimana, dari kelima kegiatan seru Jelajah Hutan Mangrove Labuhan diatas mana yang cocok untuk kalian ?. Segera kosongkan waktu untuk melihat langsung keindahan dan merasakan kesejukan Hutan Mangrove Labuhan ini ya. Kami yakin teman-teman pasti akan merasa puas dengan berbagai wahan kegiatan dan fasilitas yang sudah disiapkan disana. 

Tour Guide:
087850035899 via WhatsApp

WAWANCARA DENGAN PENGELOLA HUTAN MANGROVE




Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »