Jual Kamus Bahasa Madura - Indonesia Lengkap


Judul: Kamus Lengkap Bahasa Madura - Indonesia
Penulis: Adrian Pawitra
Penerbit: Dian Rakyat
Jumlah Halaman: 743
Harga: Rp. 180.000
Ketersediaan: READY STOK

Pemesanan: 
HP: 081 249 367 266 (SMS/WA)
(Gratis Ongkos Kirim Wilayah Jawa)



KAMUS BAHASA MADURA - INDONESIA


Kamus merupakan sebuah sarana untuk kita belajar bahasa lain yang ingin kita pelajari dan Indonesia merupakan negeri yang memiliki banyak bahasa, Bahasa Madura salah satunya. Bahasa Madura termasuk dalam 726 jenis bahasa daerah yang ada di Indonesia, yang dijadikan sebagai alat berkomunikasi untuk menunjukkan identitas dan eksistensi suku Madura.

Tahu kah kita kalau Bahasa Madura ini termasuk dalam empat bahasa daerah di Indonesia dari 726 jenis bahasa yang terbanyak. Selain itu Bahasa Madura berada di peringkat ketiga yang memiliki kosakata paling banyak setelah Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Bahasa Madura standar yang dipakai atau dianggap yang terbaik adalah dialek Madura bagian timur yakni, Sumenep.

Sebagaimana bahasa daerah lain di Indonesia, BM pun mengenal “tingkatan” dalam penggunaannya, seperti “bahasa kasar”, “bahasa pertengahan” dan “bahasa halus”. Ukuran kasar, pertengahan dan halus umumnya mengacu kepada “dengan siapa” dan “dalam kesempatan apa” pembicaraan dilakukan. Tidak dapat dipungkiri bahwa untuk wilayah madura yang terdiri dari empat kabupaten (Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep), diakui secara umum bahwa wilayah timur Pulau Madura dan khususnya Sumenep merupakan wilayah pengguna Bahasa Madura halus.

Sama seperti bahasa daerah lainnya, Bahasa Madura juga tidak luput dari bahasa asing salah satunya banyak persamaan – persamaan antara Bahasa Madura dan Bahasa Jawa. Bahasa sebagai alat komunikasi dengan banyak orang, maka tidak heran kalau Bahasa Madura menjadi salah satu bahasa yang cukup diminati untuk dipelajari.

Selain itu jumlah penduduk Madura yang tidak hanya berada di Pulau Madura saja namun menyebar berada di penjuru nusantara dan belahan bumi lainnya. Demi memudahkan setiap orang untuk bisa belajar Bahasa Madura karena itu kamus Bahasa Madura yang terdiri dari sekitar 10.000-an (sepuluh ribu-an) kata, disusun dengan mengacu pada peraturan Ejaan Madura Tepat Ucap (EMTU) yang disusun oleh Muhammad Irsyad, dkk pada tahun 1998, yang kemudian mengalami penyempurnaan pada tahun 2004.

Ejaan Madura Tepat Ucap (EMTU) menyajikan beberapa “Lambang Bunyi” dan mengfungsikan fonem beraspirat yang berfungsi sebagai pembeda makna, dengan kata lain dapat dikatakan bahwa dimilikinya bunyi – bunyi beraspirat yang berfungsi fonemik pada Bahasa Madura sendiri. Ini merupakan bentuk – bentuk linguistik yang dapat dikatakan unik di dalam hal kebahasaaan.

Sebagaimana halnya bahasa Jawa, Sunda dan Bali, maka Bahasa Madura pun mempunyai beberapa tingkat bahasa. Sesungguhnya ada lima tingkat bahasa dalam bahasa Madura. Namun, pembagian tingkat bahasa tersebut disederhanakan menjadi tiga tingkat bahasa saja, yakni tingkat bahasa kasar, tingkat bahasa tengah dan tingkat bahasa halus.

Di luar ketentuan pembagian tingkatan bahasa Bahasa Madura ini masih ada tingkatan bahasa yang dipakai sebagian kecil golongan masyarakat priyayi atau kraton kepada sesama priyayinya dan Tuhan

Kata Kunci:
Kamus Madura - Indonesia, Jual Kamus Madura,  Kamus Madura Indonesia Lengkap, Kamus Madura Online PDF, Buku Kamus Madura APK, Kamus Bahasa Madura Terlengkap.

Tour Travel Pulau Madura

Komentar Facebook

Sebarkan

1 Komentar:

Write Komentar
28 Februari 2016 20.57 delete

wooow
trimakasih karna anda telah membuat kamus bhs madura dan bhs indonesia !!!
good job....

Reply
avatar