AI Gaming Laptop ASUS ROG

3/23/2024
Di awal pembuka tahun 2024 brand ASUS kembali resmi me-launching laptop terbarunya. Nggak tanggung-tanggung series laptop yang dikeluarkan merupakan AI Gaming laptop yang saat ini menjadi idaman bagi banyak orang. Bahkan salah satu series laptop dari ASUS ROG (Republic Of Gamers) dikenal paling tipis, ringan dan powerful.

Bertempat di Hotel Sheraton Surabaya dalam acara Gathering Blogger bersama ASUS sekaligus berbuka puasa bersama tanggal 17 Maret 2024 kemarin saya berkesempatan langsung untuk bisa mencoba tiga unit AI Gaming laptop yakni ROG Zephyrus G14, ROG Zephyrus G16 dan TUF Gaming A15.

Melalui series AI Gaming laptop terbaru yang diluncurkan, ROG menciptakan standar baru untuk laptop gaming yang dikenal paling tipis, ringan namun powerful saat digunakan. Bukan cuma itu saja, salah satu series laptop gaming yang kemarin saya temui dibandrol dengan harga yang paling terjangkau di kalangan laptop gaming di Indonesia.


ASUS ROG Zephyrus G14 dan ASUS ROG Zephyrus G16


Jadi, ROG Zephyrus G14 dan ROG Zephyrus G16 merupakan series AI Gaming laptop yang dikenal paling tipis, ringan dan powerful di dunia. Bahkan ukuran ketebalan kedua laptop gaming ini nggak sampai 2 cm. Tentunya ini menjadi kelebihan tersendiri bagi pengguna yang kerap membawa laptop pergi kemana-mana.

For your information, series laptop ROG Zephyrus G14 ini berhasil menggemparkan dunia berkat desainnya yang revolusioner, pertama kali hadir dan diperkenalkan pada dunia di tahun 2020. Nah, di tahun 2024 kembali ROG Zephyrus G14 hadir dengan desain dan spec yang jauh lebih powerful.

ROG Zephyrus G14 memiliki bobot cuma 1,5 Kg dengan ukuran ketebalan di angka 1,59 cm. Layarnya berukuran 14 inch dengan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Canggihnya lagi, panel layar yang digunakan di ROG Zephyrus G14 (GA403) ini sudah dibekali dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC.

Dengan teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memiliki pengalaman gaming terbaik tanpa tearing atau stuttering. Screen tearing sering terjadi ketika pengguna memaksa untuk bermain game pada PC yang memiliki spesifikasi layar monitor rendah dengan tampilan beresolusi tinggi. ROG Zephyrus G14 menjadi laptop gaming dengan layar OLED berteknologi VRR.

Performa semakin powerful karena AI gaming laptop ini ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series yang telah dibekali NPU Ryzen™ AI untuk membantu mengakselerasi pemrosesan AI secara lebih optimal. Prosesor tersebut juga yang membuat ROG Zephyrus G14 (GA403) tampil sebagai AI gaming laptop.

ROG Zephyrus G16 (GU605) dan ROG Zephyrus G14 (GA403)


Nggak jauh berbeda dengan saudaranya ROG Zephyrus G16 (GU605) memiliki bobot di angka 1,89 Kg dan ukuran ketebalan hanya 1,49 cm. Perbedaan pertama yang akan ditemukan adalah ukuran layarnya 16 inch, cocok digunakan oleh pengguna yang terbiasa menggunakan laptop dengan ukuran layar lebih lebar.

Laptop 16 inch ini juga dikenal paling tipis, ringan dan powerful. Performa yang didukung dengan prosesor Intel® Core™ Ultra Series yang dilengkapi dengan NPU Intel® AI Boost, yang dirancang untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan AI. Kehadiran NPU tersebut membuat ROG Zephyrus G16 (GU605) menjadi AI gaming laptop yang sebenarnya.

Untuk layarnya masih sama menggunakan layar ROG Nebula Display dengan panel OLED. Bukan sekadar OLED biasa tetapi telah dilengkapi dengan teknologi variable refresh rate (VRR) melalui NVIDIA G-SYNC. Bermain game bisa semakin menyenangkan karena bebas gangguan srean tearing.

ROG Zephyrus G14 (GA403) dan ROG Zephyrus G16 (GU605) tampil unik dan lebih modern dengan hadirnya fitur Slash Lighting, lampu LED indikator eksklusif yang berada di balik layar laptop gaming ini. Slash Lighting bisa diatur untuk menampilkan pola tertentu melalui aplikasi Armoury Crate yang tersedia di dalamnya.

ASUS TUF Gaming A15


Series laptop terakhir yang saya coba dari ASUS ROG adalah TUF Gaming A15 yang merupakan pionir AI Gaming laptop dengan harga paling terjangkau di Indonesia. Laptop gaming ini hadir untuk memuaskan rasa penasaran para gamers yang menginginkan pengalaman nge-game yang lebih baik dengan harga yang masih terjangkau.

Yap, TUF Gaming A15 (FA507U) ini hadir dengan prosesor AMD Ryzen™ 8040 Series dengan Ryzen AI, chip grafis dengan max TGP, MUX switch, dan memiliki durabilitas tinggi berstandar US Military Grade. Sertifikat berstandar US Military Grade memiliki desain bodi yang lebih tanggguh dan lebih tenang saat membawa AI gaming laptop ini bepergian.

Ryzen AI memberikan pengguna TUF Gaming A15 (FA507U) menjalankan aplikasi berbasis AI secara lebih optimal dan efisien. Nah, kemampuan inilah yang membuat TUF Gaming A15 (FA507U) sebagai pionir AI gaming laptop paling terjangkau di Indonesia. Sistem prosesor yang handal didukung dengan adanya GPU modern yang disematkan pada AI Gaming laptop ini yakni GPU hingga NVIDIA GeForce RTX 4070.

TUF Gaming A15 (FA507U)

Dengan adanya GPU modern ini pengguna bisa menjalankan aplikasi content generation secara offline atau bahkan melakukan training AI hingga mampu menjalankan semua game AAA modern terbaru. Performa GPU semakin maksimal dengan MUX Switch yang memberikan fleksibilitas lebih kepada pengguna.

Tersedia garansi internasional untuk service dan sparepart selama dua tahun. Sepanjang masa garansi, pengguna bisa melakukan perbaikan dan penggantian sparepart secara cuma-cuma selama kerusakannya bukan diakibatkan oleh kelalaian pengguna. Untuk kerusakan akibat kelalaian pengguna, tersedia ASUS Perfect Warranty di tahun pertama.

Dengan konfigurasi tersebut, TUF Gaming A15 (FA507U) affordable di harga mulai dari 23 jutaan saja. Jadi, tunggu apalagi buat kamu pecinta gamers dan membutuhkan pengalaman bermain game lebih baik kamu bisa miliki laptop series TUF Gaming A15 (FA507U) dan bergabung menjadi bagian dari ASUS ROG dengan lebih dari 50.000 anggota di Indonesia.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »