Mengenal Jenis-Jenis Kartu Kredit dan Perbedaan Penggunaannya

1/16/2023
Mempunyai kartu kredit sangat penting untuk mendukung aktivitas keuangan. Kini Anda bisa mendapatkan kartu kredit dengan mudah tanpa harus mengunjungi kantor bank. Namun masih banyak yang belum tahu cara pengajuan kartu kredit online. Kartu kredit sangat bermanfaat membantu kebutuhan keuangan Anda, terutama pada saat kondisi mendesak dan tidak memiliki uang tunai.

Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk keperluan penting, seperti merenovasi rumah, membeli atau memperbaiki kendaraan, membeli alat elektronik yang mendukung produktivitas, dan lainnya. Namun Anda perlu menggunakan kartu kredit secara bijak. Jika Anda memakainya hanya secara sembarangan, maka bisa-bisa Anda akan terbebani dengan tagihan yang kunjung terlunasi, bahkan sampai diteror oleh petugas penagihan.

Asalkan Anda memanfaatkannya secara tepat, berbagai layanan dari kartu kredit akan membantu finansial Anda. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara pengajuan kartu kredit online hingga jenis-jenisnya. Selain itu, Anda juga perlu memahami apa itu kartu kredit secara jelas agar tahu kegunaannya.

Source : Pexels.com

Cara Pengajuan Kartu Kredit Online


Pengajuan kartu kredit online bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dari rumah. Kemudahan ini terfasilitasi berkat adanya aplikasi mobile banking yang bisa diakses melalui smartphone. Jadi Anda tidak perlu lagi meluangkan waktu untuk berangkat ke kantor bank dan menunggu antrean untuk mendaftar kartu kredit.

Setiap bank biasanya memberlakukan syarat yang berbeda-beda untuk pengajuan kartu kredit. Namun secara umum berkas yang harus Anda siapkan, di antaranya fotokopi KTP, fotokopi NPWP, dan fotokopi kartu kredit. Selain itu, ada juga persyaratan minimal penghasilan atau gaji calon kreditur yang ditetapkan oleh bank.

Bank membutuhkan riwayat kartu kredit Anda untuk menilai apakah Anda layak mendapat kartu kredit atau tidak. Jadi pastikan kartu kredit Anda terbebas dari catatan kotor. Bank juga perlu tahu nominal penghasilan calon kreditur untuk melihat kemampuan kreditur mengembalikan pinjaman dana.

Apa itu Kartu Kredit?

Kartu kredit adalah alat pembayaran menggunakan alat berupa kartu. Kartu kredit membantu pembayaran penggunanya ditanggung oleh bank terlebih dahulu. Nantinya pemegang kartu kredit berkewajiban melakukan pelunasan sesuai dengan jumlah dan waktu yang disepakati.

Pengguna kartu kredit dapat melakukan pelunasan sekaligus sekali waktu atau dengan mengangsurnya. Bisa disebut bahwa kartu kredit merupakan alat untuk berhutang pada bank dan harus dilunasi.

Jenis-Jenis Kartu Kredit berdasarkan Fungsinya


Jika dilihat dari berbagai manfaat dan fungsinya, ada beragam jenis kartu kredit yang dapat menjadi pilihan. Karena itu, sebelum mengajukan kartu kredit online, kenali dulu jenis-jenis kartu berdasarkan fungsinya. Simak penjelasan berikut ini:

1. Credit Card

Kartu kredit jenis ini memiliki fungsi sebagai alat untuk melakukan transaksi jual beli barang atau jasa. Pembayaran atau pelunasan dari tagihan dapat dilakukan dengan sekaligus atau dengan cara mencicil sesuai ketentuan yang telah disepakati. Jumlah pelunasan dihitung dari nilai tagihan ditambah bunga bulanan.

Source : Pexels.com


2. Cash Card

Jenis kartu kredit ini berfungsi memungkinkan penggunanya untuk melakukan tarik tunai baik, secara langsung lewat petugas bank maupun melalui mesin ATM. Namun sebelum melakukan penarikan, Anda harus melakukan konfirmasi kesepakatan terlebih dulu.

3. Charge Card

Fungsi dari Jenis kartu ini hampir mirip dengan Credit Card, yang membedakannya adalah pemegang kartu harus melunasi seluruh tagihan secara penuh pada akhir bulan atau di bulan berikutnya. Pelunasan dilakukan tanpa ada biaya tambahan.

4. Cheque Guarantee Card

Jenis kartu yang terakhir ini pada umumnya memiliki fungsi sebagai jaminan dalam melakukan penarikan cek oleh pemegang kartu. Selain itu, kartu kredit ini dapat digunakan untuk melakukan penarikan tunai melalui ATM.

Jenis-Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayahnya


Selain dari segi fungsinya, jenis-jenis kartu kredit juga dibedakan berdasarkan wilayah berlakunya. Kartu kredit ini terbagi dalam dua jenis, sebagai berikut:

1. Kartu Kredit Nasional

Kartu kredit nasional hanya bisa digunakan secara nasional atau di negara tertentu dimana kartu diterbitkan. Kartu kredit ini tidak berlaku di luar negeri sehingga tidak bisa anda gunakan ketika traveling ke negara lain.

2. Kartu Kredit Internasional

Kartu kredit internasional berlaku dalam wilayah cakupan yang lebih luas dibanding kartu kredit nasional. Sesuai dengan namanya, kartu kredit ini dapat digunakan di berbagai negara di seluruh dunia. Kartu kredit jenis ini umumnya didominasi oleh dua merek populer, yaitu Visa dan Mastercard.

Anda bisa menggunakan kartu kredit internasional untuk melakukan berbagai transaksi di luar negeri, baik itu transfer, tarik tunai, pembayaran, dan masih banyak lagi. Kartu Kredit PermataShoppingCard Salah satu produk kartu kredit yang cocok untuk menunjang kebutuhan keuangan di era digital adalah PermataShoppingCard.

Anda dapat memiliki kartu kredit dari PermataBank ini secara mudah melalui mobile banking PermataMobile X. Aplikasi ini bisa Anda download di Play Store dan App Store. PermataShoppingCard rutin menawarkan program cashback dan promo bagi Anda yang suka belanja online. Produk ini memberikan cashback 5% hingga Rp200 ribu kepada penggunanya.

Selain itu, ada juga berbagai promo dari merchant online yang tentunya sangat menguntungkan. Masih ada sejumlah kelebihan lainnya yang ditawarkan PermataShoppingCard, di antaranya cicilan 0% hingga 12 bulan, bebas iuran tahunan pertama, bisa diakses lewat smartphone, memiliki fitur contactless card. Informasi persyaratan dan langkah-langkah mendapatkan kartu kredit ini bisa Anda baca di laman berikut https://www.permatabank.com/id/kartu-kredit-retail/permatashopping-card.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »