Lagu Kacong tor Jhebbing Ajakan untuk Mengenal Budaya Madura

2/25/2022
Lagu memiliki fungsi sebagai media komunikasi untuk mentransmisikan atau menyebarkan pesan. Melalu konsep New Media semua kalangan bisa mengakses lagu kapan saja dan dimana saja tanpa batasan. Lagu adalah salah satu metode komunikasi kreatif dalam mengirim pesan kepada orang banyak.

Mendengarkan lagu merupakan peristiwa terjadinya proses komunikasi dimana khalayak sebagai komunikan tidak hanya mendengarkan lirik. Namun komunikan juga ikut meresapi pesan dalam lirik lagu yang dibawakan oleh penyanyi. Lagu merupakan media komunikasi yang mudah diterima dan didengar oleh semua kalangan.

Sehingga lagu kemudian dipakai sebagai media komunikasi yang universal dan efektif. Pesan yang terkandung dalam lirik lagu memiliki muatan berupa nilai-nilai tertentu baik pesan moral, budaya, atau bahkan kritikan. Melalui lagu proses transmisi nilai budaya bisa dilakukan yakni dengan menggunakan lirik-lirik yang mengandung pesan moral.



Lagu Kacong tor Jhebbing Ajakan untuk Mengenal Budaya Madura


Lagu bisa menjadi media dalam mewariskan identitas kultural antar generasi. Bahkan lagu bisa berfungsi sebagai bentuk kritik sosial dan ajakan kepada masyarakat untuk kembali peduli dengan budaya leluhurnya. Lagu berbahasa Madura berjudul “Kacong tor Jhebbing” adalah sebuah contoh komunikasi kreatif melalui sebuah lagu.

Didalamnya terdapat proses transmisi pesan tentang budaya Madura kepada khalayak khususnya orang madura. Lirik lagu ciptaan Adrian Pawitra ini berisi representasi identitas kultural orang Madura. Konotasi citra positif tentang orang Madura divisualisasikan melalui subtansi lirik lagu.

Ajakan untuk peduli & melestarikan adat Madura terdapat dalam lagu “Kacong tor Jhebbing”. Stereotype orang Madura yang terkesan negatif berusaha diluruskan kembali melalui lirik lagu “Kacong tor Jhebbing”. Lagu sebagai salah satu media komunikasi dengan pengaruh dan penyebaran cukup luas merupakan fakta penting untuk dikaji.

Lirik Lagu Theme Song Kacong tor Jhebbing


Sè ngangghit : Adrian Pawitra
Sè ngèjhung : Titik Garin

Ḍu pasèra sè ta’ lèburrâ, nangalè rèng raddhin pojhâân

seḍḍhâ’ robâna, ngapèncot atè, alos andhikana

Anḍhâp asor atèna, lèbur ongghu tèngka ghulina

gânṭeng robâna, ngapèncot atè, manès pamèsemma

Reff:

Torè oladhi KACONG JHEBBHING, sè binè’ asampèran,

ngangghuy ghellung malang, sè lakè’ atongkosân, ḍu cè’ èsagghâ

Pottra-pottrè Madhurâ sadhâjâna, paḍâ areng-sareng Tarongghu t’rèsna adhât Madhurâ, sè ampon abit ta’ èsarbhi.......

TERJEMAHAN

(Bahasa Indonesia)

Oh.. siapa yang tidak tertarik akan seorang wanita cantik pujaan, wajahnya yang elok, memesona hati, halus tutur katanya,

Sopan santun hatinya, sangat menyenangkan tingkah prilakunya,

wajahnya yang ganteng, memesona hati, manis senyumannya...

Reff:

Mari dilihat, Kacong dan Jhebbhing, yang perempuan memakai kain panjang,

menggunakan sanggul melintang, yang lelaki memakai tongkos, oh indah nian...

Putra putri Madura, semuanya bersama-sama

dengan bersungguh hati mencintai adat Madura yang sudah lama tidak di pedulikan...

Jika dilihat dari artinya lagu ini memiliki pesan untuk para anak muda Madura untuk tidak pernah ragu dengan jati diri sebagai orang Madura. Terlebih saat ini budaya Madura kerap dilupakan dan tidak lagi mendapatkan perhatian. Padahal melestarikan budaya itu merupakan hal penting demi generasi muda.

Smartfren Luncurkan Paket Unlimited Nonstop


Hal senada juga dilakukan oleh Smartfren yang selalu punya kejutan bagi para penggunanya, apalagi anak muda yang tidak bisa jauh-jauh dari internet. Apalagi buat mereka yang kegiatan sehari-harinya mengandalkan koneksi internet. Pasalnya paket yang satu ini benar-benar simpel, serta bisa dipakai untuk banyak hal.

Paket ini punya keunggulan yang menarik. Misalnya Smartfren Unlimited Nonstop dengan batas bulanan bisa dipakai internetan dari lokasi mana pun, untuk aplikasi apapun selama 24 jam. Ditambah lagi dengan benefit akses nonstop, extrabenefit untuk akses aplikasi kebutuhan sehari-hari, dan promo kuota lokal up to 4 GB.

Memakai paket Unlimited Nonstop bakal memberi kamu pengalaman yang betul-betul berbeda. Berikut ini kelebihan-kelebihan yang bisa dirasakan saat menikmati Smartfren Unlimited Nonstop.



Bebas Worry dengan Unlimited Nonstop


Menggunakan paket Smartfren Unlimited Nonstop terbaru ini, internetan terasa lebih nyaman dan bebas worry. Waktu mengaktifkan paket Smartfren Unlimited Nonstop, akan langsung dapat batas bulanan.

  • Unlimited Nonstop 6 GB seharga Rp30.000 
  • Unlimited Nonstop 12 GB seharga Rp45.000
    Unlimited Nonstop 30 GB seharga Rp70.000
  • Unlimited Nonstop 45 GB seharga Rp100.000
  • Unlimited Nonstop 60 GB seharga Rp125.000.

Selain itu ada juga Unlimited Nonstop 3 GB seharga Rp15.000 untuk masa aktif 14 hari, dan Unlimited Nonstop 2 GB seharga Rp 10.000 untuk masa aktif 10 hari. Menariknya ketika batas bulanan habis, masih bisa mengakses internet karena paket ini punya Akses Nonstop. Bahkan, ada tambahan extrabenefit untuk akses aplikasi kebutuhan sehari-hari.

Yaitu aplikasi pesan instan, aplikasi e-commerce, aplikasi transportasi online, serta aplikasi pembayaran digital. Jadi sekali aktifkan paket ini, bisa langsung internetan dengan happy dan bebas worry.

Buat pengguna yang heavy internet user bisa langsung menikmati paket Unlimited Nonstop ini untuk upload konten video terbarumu ke YouTube, TikTok atau Instagram Reels. Kalau ingin menikmati streaming film seperti film K-Drama horor All of Us Are Dead yang per episodenya punya durasi sekitar satu jam.

Unlimited Nonstop Bebas Banget

Satu lagi yang menarik dari Smartfren Unlimited Nonstop ini, paketnya bebas banget buat akses aplikasi apapun. Begitu paket ini sudah aktif, maka pengguna sudah bisa akses media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, Facebook, e-commerce apapun streaming video atau lainnya juga bisa dipakai berkirim pesan menggunakan aplikasi WhatsApp, Line, dan sejenisnya.

Paket Unlimited-nya pun makin terasa karena bisa semua aplikasi tersebut bisa kamu pakai selama 24 jam, tanpa syarat tambahan. Unlimited Nonstop yang tidak dibatasi aplikasi dan bisa dipakai 24 jam memang penting banget. Misalnya saja buat pengguna yang memang rajin membuat konten video. Dengan Smartfren Unlimited Nonstop, video yang baru dibuat bisa langsung di-upload ke Instagram Reels, YouTube, atau TikTok dari lokasi manapun dan kapanpun diinginkan.

Promo Extra Kuota Lokal untuk Paket Unlimited Nonstop

Smartfren memberikan bonus dan promo yang melimpah di Unlimited Nonstop. Ada dua varian yang bisa ngasih manfaat lebih besar buat pengguna. Khusus buat pengguna Smartfren Unlimited Nonstop 3 GB bisa mengklaim promo Kuota Lokal up to 3 GB dan pengguna Smartfren Unlimited Nonstop 6 GB bisa mengklaim promo Extra Kuota Lokal up to 4 GB.

Cara cek dan klaim Kuota Lokal ini mudah saja. Cukup gunakan aplikasi MySmartfren atau gunakan USSD *123#789# di smartphone dan perangkat genggam lainnya. Kuota Lokal ini bisa digunakan untuk mengakses aplikasi apapun selama 24 jam. Mudah dan murah banget, bukan?

Paket Unlimited Nonstop ini coock sekali untuk kamu pengguna internet aktif tanpa harus kepikiran harganya. Anak muda butuh untuk mengeksplorasi ide, tidak boleh malu dengan jati diri darimanapun kamu berasal. Terutama dalam pengenalan budaya, ikut terlibat aktif memperkenalkan kepada dunia.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »