Obyek Wisata Pantai Rongkang di Kwanyar - Bangkalan

8/17/2015
Pulau Madura yang memiliki letak geografis di Laut Jawa utara ini tidak mengherankan lagi bila memiliki banyak sekali pantai yang indah. Jika biasanya sebuah pantai terkenal dengan pasir putihnya yang lembut untuk dipijaki atau sekedar bisa bermain – main pasir. Kami mengajak anda untuk datang berwisata ke salah satu pantai di Pulau Madura yang dipenuhi dengan bebatuan cadas.

Pantai ini terletak persis di sebelah timur jembatan Suramadu atau sekitar 35 km dari arah kota Bangkalan, tepatnya di desa Kwanyar Kecamatan Kwanyar Kabupaten Bangkalan. Warga sekitar menyebut pantai penuh bebatuan ini dengan sebutan pantai Rongkang. Dengan akses jalan yang sudah diperbaiki dan sudah tidak berlubang lagi bisa dengan mudah anda lalui menuju Pantai Rongkang.

Pantai Rongkang

Bagi anda yang berasal dari luar Pulau Madura anda dapat memilih dua akses jalan yakni, menggunakan kapal untuk menyeberang ke pelabuhan Kamal atau melewati Jembatan Suramadu. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai di Pantai Rongkang dari pelabuhan Kamal yang berjarak sekitar 12 km. Jika anda melewati Jembatan Suramdu perjalanan menjadi lebih singkat hanya sekitar 15 menit atau berjarak kurang lebih 5 km saja.

Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau bisa memilih menggunakan kendaraan umum yang sudah banyak tersedia. Ada sejenis bis dan bis mini yang siap mengantar anda yang jelas dengan tarif harga yang berbeda. Tarif yang biasa dipakai berkisar dari Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 20.000 saja.

Meskipun dipenuhi dengan banyak bebatuan besar anda tidak perlu khawatir akan kecewa setelah datang berkunjung. Pantai Rongkang merupakan salah satu pantai di kabupaten Bangkalan yang masih sangat alami dengan banyaknya pohon rindang yang tumbuh subur disekitar pantai. Meskipun begitu tumbuhan atau pepohonan liar masih bisa anda temukan. Pemandangan pantai lepas Laut Jawa Utara dan selat Madura semakin menambah indah dan menantang.

Asal Nama Rongkang


Nama pantai Rongkang sendiri berasal dari kata “Ngrongkang” yang dalam bahasa Indonesianya disebut berlubang. Proses alam pada batuan laut yang landai dan membuatnya menjadi berlubang. Cuaca disekitar Pantai terkadang cukup terik pada siang harinya, namun jika malam tiba menjelang anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah dan eksotis.

Letak pantai Rongkang yang bersebelahan dengan Jembatan Suramadu dan pelabuhan Kamal menjadi nilai lebih tersendiri. Pantulan sinar dari lampu – lampu di sekitar jembatan dan lampu – lampu kapal yang hilir mudik di pelabuhan menambah eksotis pemandangan. Disekitar pantai terdapat sebuah bukit yang tidak begitu tinggi, sekitar 25 meter dari atas permukaan laut. Anda bisa naik ke atas bukit agar bisa leluasa menikmati pemandangan yang ada di Pantai Rongkang.

Sebagian besar pasir di pantai Rongkang ini ditutupi batu batu kecil namun tidak sama sekali mengurangi keindahannya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang sudah pernah datang. Hal unik lainnya dari pantai Rongkang adalah anda harus melewati sedikit bebatuan berbentuk tebing yang agak curam untuk bisa sampai ke pantai. Menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi anda yang penasaran ingin datang kesini.

Video Liputan Wisata Pantai Rongkang




Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »