Wujudkan Mimpi ke Tanah Suci dengan Touring Motor Lintas 8 Negara

12/21/2022


Pergi ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah umrah merupakan impian bagi umat Islam. Bahkan kini, banyak Muslim yang lebih memilih umrah daripada pergi haji karena waktu tunggu yang lama. Meski begitu, sedikit sekali umat Islam yang mampu mewujudkan mimpi tersebut. Entah itu karena terkendala biaya, ataupun karena hal lainnya.

Jika masalah biaya, mengajukan pinjaman tanpa agunan mungkin bisa menjadi pilihan untuk Anda. Setelah memiliki dana yang cukup, impian ke Tanah Suci Mekkah untuk melaksanakan umrah pun bisa terwujud. Mendaftar paket umroh di agen travel menjadi salah satu jalan yang bisa membuat Anda pergi melaksanakannya.

Namun, pernahkah Anda terpikirkan opsi lain untuk pergi ke Mekkah tanpa daftar ke agen travel? Jika Anda penyuka traveling atau bahkan seorang biker, dan punya mimpi ke Tanah Suci untuk umrah, Anda bisa coba touring menggunakan motor untuk sampai di Arab Saudi dengan melintasi 8 negara.

Source : Freepik

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Perjalanan


Pergi ke Arab Saudi untuk melaksanakan umrah menggunakan motor, bukanlah hal yang bisa Anda lakukan secara instan. Melainkan, ada hal-hal yang perlu Anda persiapkan guna mengantisipasi kendala yang mungkin saja akan Anda temui selama perjalanan. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai perjalanan!

1. Fisik dan Mental yang Kuat

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ialah rider yang memiliki ketahanan fisik dan mental yang sehat. Dilansir dari gridoto.com, Kang Jeje, salah satu rider Indonesia yang berhasil melakukan tur keliling dunia dengan motor mengungkapkan bahwa skill atau keahlian bermotor bukanlah hal yang terlalu penting.

Asalkan Anda bisa mengendarai roda empat ini dengan baik dan benar, sudah cukup. Jika dibarengi dengan kontrol mental yang bagus, skill sang pengendara pun akan berkembang dengan sendirinya.

2. Kendaraan yang Memadai

Jika Anda ingin melakukan perjalanan lintas negara menggunakan motor, tentu harus memiliki kendaraan bermotor yang memadai. Stephen Langitan, penulis buku “Naik Motor Seorang diri, Jakarta - London 30.000 KM”, menyarankan menggunakan motor dengan kapasitas diatas 150cc agar kuat menghadapi segala medan.

Source : Unsplash


3. Memiliki Dokumen dan Persyaratan yang Lengkap

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ialah mempersiapkan dokumen yang diperlukan, yaitu:

  • CPD (Carnet de Passages en Douane); merupakan paspor khusus untuk motor atau mobil yang dikeluarkan oleh Federation Internationale de l'Automobile (FIA) melalui Ikatan Motor Indonesia (IMI) pusat yang berada di Jakarta.
  • Paspor yang sudah dilengkapi visa negara yang ingin dilalui.
  • SIM Internasional.
  • Visa umrah; berfungsi sebagai izin untuk mengunjungi Arab Saudi dan melaksanakan ibadah umrah.

4. Memahami Prosedur Memasuki Wilayah

Menggunakan atau membawa kendaraan pribadi untuk memasuki wilayah atau negara lain, sebenarnya Anda hanya cukup menggunakan SIM Internasional. Dari sana, Anda bisa mengajukan permohonan semacam paspor. Selain itu, memiliki CPD juga penting untuk kendaraan yang akan digunakan keliling dunia.

Mulai Rencanakan Destinasi yang Dituju


Setelah semua persiapan lengkap, kini Anda bisa mulai merencanakan destinasi apa saja yang akan dituju. Untuk mencapai negara Arab Saudi dengan naik motor, tentu Anda harus melewati beberapa negara sebelum tiba di negara tujuan Anda.

Dilansir dari tempo.co, Stephen Langitan dalam akun pribadinya @steplangitan menyebutkan bahwa jalur yang dilalui untuk sampai di Tanah Suci dimulai dari Jakarta - Sumatera, Malaysia, Thailand, Myanmar, Bangladesh, India, Afghanistan, Uni Emirat Arab, hingga Arab Saudi.

Dalam unggahan tersebut, Stephan juga memaparkan rincian biaya perjalanan dari Jakarta ke Arab yang mencapai 201 juta rupiah. Jumlah ini sudah termasuk biaya transportasi, penginapan, makan, paspor, CPD, servis motor, pesawat pulang, simcard dan pulsa di 7 negara, hingga riding gars dan apparels.

Namun, angka tersebut tampaknya belum termasuk tarif umroh di Makkah, deposit 25% untuk CPD Canet, dan harga unit sepeda motor dan modif. Berdasarkan pengalaman pribadinya, Stephen juga menyebutkan saat melintasi negara Myanmar, Anda wajib dikawal local tourist agen dan ada biaya khusus yang harus Anda bayarkan.

Anda bisa menggunakan pinjaman dana KTA untuk biaya-biaya tidak terduga seperti ini. Sehingga perjalanan Anda pun akan lebih tenang nantinya. Selain itu, mengutip dari kompas.com, Gunadi, yang juga merupakan biker Indonesia yang melakukan petualangan dari Jakarta ke Himalaya, mengungkapkan bahwa negara Thailand merupakan negara yang tidak menerima SIM Internasional.

Karena itu, untuk bisa masuk ke negara tersebut, Anda harus mengurus pembuatan SIM negara yang bersangkutan. Bila ditambah dengan pengurusan dokumen lainnya, biaya yang dikeluarkan oleh Gunadi selama melintasi negara Thailand bisa mencapai Rp20 juta hingga Rp25 juta.

Nah, setelah mengetahui wilayah mana saja yang akan Anda lewati saat perjalanan menuju Arab Saudi. Anda bisa mulai merencanakan destinasi apa saja yang akan Anda tuju, di mana saja Anda akan singgah untuk menginap, dan hal lainnya.

Siapkan Budget dengan Pinjaman Tanpa Agunan DBS KTA


Rencana untuk bisa mengunjungi Mekkah dalam rangka umroh, akan bisa terlaksana ketika Anda memanfaatkan program pinjaman tanpa jaminan dari DBS KTA. Program ini cukup mudah proses pengajuannya. Anda cukup menunjukkan jika tinggal di area Jabodetabek, memiliki e-KTP dan NPWP, gaji 5 juta per bulan, serta kredit di bank lain dengan minimal limit Rp10 juta.

Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp100 juta hingga Rp300 juta. Approval pinjaman ini hanya dalam 3-5 hari kerja. Cicilan bisa Anda bayarkan hingga 36 bulan dengan bunga flat mulai dari 0,88%. Jadi, biaya yang harus Anda bayarkan tiap bulannya akan tetap dan ringan.

Dengan syarat yang simple dan keuntungan yang banyak, pinjaman tanpa agunan DBS KTA akan cocok digunakan untuk mewujudkan mimpi Anda berkunjung ke tanah suci Mekkah bersama keluarga atau pasangan. Informasi lengkap bisa Anda temukan disini.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »