Review Enduro 4T Racing SAE 10W-40

1/02/2020
Tinggal dan hidup di Madura terkadang membuat saya sedikit kewalahan saat melakukan perjalanan terutama jika tujuannya ke daerah pedalaman. Kondisi jalan yang masih banyak bebatuan dan medan yang naik turun bukit mau tidak mau memaksa saya untuk lebih nyaman menggunakan sepeda motor cowok (Kopling).

Yamaha Vixion tahun 2012 sudah setia menemani saya selama tiga tahun terakhir ini. Pekerjaan yang menuntut saya untuk lebih banyak berkunjung ke daerah pedalaman membuat saya merasa sangat terbantu dengan kehadiran motor saya Vixion. Meskipun bisa dibilang sepeda motor lumayan tua tapi bisa saya jamin mesin dan tarikannya masih enak banget.

Terbukti dengan beberapa kali dalam sebulan saya mengantar istri ke Surabaya saat ada event kerjaan. Jarak tempuh yang cukup jauh ternyata tidak mempengaruhi sama sekali mesin sepeda motor saya. Itu semua tentu tidak lepas dari servis rutin, penggunaan yang normal dan rajin ganti oli dengan Enduro Sport 4T dari Pertamina.

Jadi Enduro Sport 4T ini merupakan pelumas yang sudah menggunakan bahan full synthetic dan berteknologi PAO Ester serta dilengkapi berbagai aditif pilihan supaya performa motor sport kita bisa makin enteng.

Seperti yang pernah saya baca di websitenya kalau pelumas dengan kekentalan 10W-40 ini juga disesuaikan dengan sepeda motor generasi terbaru dengan akselerasi tinggi, tidak mudah teroksidasi dan terdegradasi oleh radiasi panas dari mesin, menjaga kebersihan mesin serta dapat mencegah terbentuknya deposit pada piston, mencegah korosi dan menjadi komponen mesin dari keausan.

Dengan kondisi cuaca dan jalanan di Madura pedalaman masih berupa bukit dan bebatuan membuat kerja mesin motor nggak berat dan tarikannya ringan meskipun sedang ada di tanjakan. Enduro 4T Racing SAE 10W-40 memiliki tingkatan mutu JASO MA2 (approved) yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah dan juga memenuhi tingkatan level API SL.

Makanya, oli mesin SAE 10W-40 ini cocok buat teman-teman yang suka melakukan perjalanan jarak jauh atau ber-adventure ria ke berbagai pulau. Untuk masa pakai perlindungan di mesin motor sangat panjang dengan tingkat penguapan yang sangat rendah dan mampu menjadikan konsumsi bahan bakar jadi lebih irit.

Bagaimana pun Pemilik kendaraan harus memperhatikan petunjuk yang direkomendasikan pabrikan. Apalagi jenis sepeda motor bermacam-macam, ada yang memakai karburator dan injeksi. Selain itu, ada sepeda motor bertransmisi manual (kopling), semi otomatis, dan matik (otomatis).

Selain itu kebutuhan pelumas antara motor matik, sport dan racing berbeda. Pertamina telah menyiapkan enam jenis pelumas sesuai dengan model sepeda motor, sebagai berikut:

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30 2. Enduro 4T Racing 10W-40
3. Enduro 4T Racing SAE 20W-50
4. Enduro Matic SAE 10W-30
5. Enviro 2T SAE 20
6. Enduro Matic G SAE 20W-40

Fyi, Enduro 4T Racing SAE 10W-40 direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah, Honda, Suzuki, Kawasaki, Yamaha dan lainnya. Pertamina Lubricants memberikan jawaban kebutuhan Oli bagi mesin kendaraan masyarakat Indonesia, ketangguhannya menjadikan Idola kendaraan untuk memenuhi gaya hidup masa kini sangat meyakinkan nantinya menjadi Oli masa depan.

Hal ini sebagaimana Visi Pertamina Lubricant "Menjadi Perusahaan Pelumas Kelas Dunia" melalui produk andalannya Fastron dan Enduro. Jadi bagaimana? masih ragu atau sudah percaya dengan oli Enduro sebagai pilihan oli terbaik motor kita?. Kalau saya tetap setia dengan Enduro 4T Racing SAE 10W-40.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »