Backup Data Smartphone Dengan USB OTG SanDisk

9/07/2019
Zaman millennial rasanya hampir semua orang menggunakan smartphone dalam sehari-hari. Bicara soal smartphone kira-kira Apa sih spek yang pertama tretans lihat kalau beli hape baru?. RAM yang tinggi? Baterai yang tahan lama? Kamera yang canggih? Atau apa saja yang penting sesuai budget?.

Dari semua spek yang diunggulkan, satu hal yang sering disepelekan pembeli adalah seberapa besar kapasitas penyimpanan yang tretans dapat, entah itu memori internal atau memori eksternal. Padahal peran memori dalam smartphone sangat penting karena menyimpan data-data yang kita miliki.

Kebayang nggak sih kalau tiba-tiba saja data yang ada di smartphone kita hilang begitu saja?. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut maka tretans jangan sampai lupa untuk membackup semua data yang ada di hape ya. Nggak perlu bingung kira-kira backup data itu sulit atau nggak? karena sekarang kita bisa membackup data menggunakan USB OTG.


Cara yang praktis untuk memindahkan file berukuran besar ataupun berjumlah banyak dari perangkat Android adalah dengan memakai perangkat USB flash drive yang memiliki konektor micro-USB. Sistem operasi dan sebagian besar perangkat Android memang mendukung fungsi USB On the Go (OTG) untuk keperluan ini.

Salah satu produsen media penyimpanan yang menawarkan produk USB drive yang kompatibel dengan smartphone adalah Sandisk melalui Ultra Dual USB Drive. Perangkat ini merupakan flash drive USB OTG yang ukurannya sebanding dengan flash drive biasa. Ultra Dual USB Drive memiliki dua jenis konektor, yaitu USB 2.0 tipe A standar (untuk PC) dan USB 2.0 Micro B (untuk smartphone).

Dua jenis konektor USB pada SanDisk Ultra Dual USB Drive dilindungi penutup terintegrasi. Hanya salah satu konektor yang bisa dipakai dalam satu waktu Cara memakainya sederhana saja. Pengguna tinggal menancapkan Ultra Dual USB Drive ke port micro-USB perangkat Android yang mendukung USB OTG dan flash drive ini akan langsung dikenali.

Sebagai gambaran, SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 diklaim mampu memindahkan data dengan kecepatan 130-150 MB/detik. Bandingkan dengan flash drive biasa dengan teknologi USB 2.0 standar yang kecepatan maksimumnya masih mentok di 60 MB/detik. Bila tretans ragu apakah smartphone sudah support USB 3.0 atau belum, SanDisk Ultra Dual Drive m3.0 ini backward compatible.

Kapasitas 16GB dan 32GB rasanya sudah cukup banyak untuk membackup foto dan video dari smartphone. Tapi bila tretans butuh ukuran yang lebih besar, masih ada pilihan flash disk dengan ukuran 64GB atau 128GB. Transfer file bisa dilakukan dari dan ke flash drive dengan memakai aplikasi file manager yang banyak tersedia di Google Play.

SanDisk juga menyediakan aplikasi file manager bernama Memory Zone yang bisa dipakai mengakses semua media penyimpanan di smartphone atau tablet Android (memori internal, micro-SD, flash drive). Setelah selesai, pengguna bisa melakukan "safe remove" melalui notification panel Android untuk melepas Ultra Dual USB Drive dengan aman.

Memakai Ultra Dual USB Drive dengan komputer pun sama mudahnya karena perangkat ini akan berlaku seperti flash drive standar. Melihat semua kelebihan SanDisk Ultra Dual Drive m3.0, rasanya cukup menyesal juga tidak mengetahui alat canggih ini terlebih jika ada banyak data penting dalam smartphone.

Yuk, tretans jangan lupa untuk memback up semua data penting kita di smartphone dengan USB OTG SanDisk. #DibuangSayang pakai #SanDiskAPAC saja tretans.

Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »