30+ Obyek Wisata di Kabupaten Bangkalan Paling Lengkap

5/26/2018
Kota Bangkalan merupakan gerbang utama untuk memasuki Pulau Madura yang bisa diakses melalui Pelabuhan Ujung Kamal atau menggunakan Tol Jembatan Suramadu kemudian bisa melanjutkan ke kota lainnya seperti Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

Tapi sebelum kalian bergeser ke Kabupaten lainnya di Pulau Madura, ada baiknya mengunjungi beberapa tempat wisata yang sudah Admin Gerbang Pulau Madura rangkum dari hasil ekspedisi mengunjungi berbagai tempat wisata di Bangkalan yang baru, menarik dan hits jadi rujukan banyak orang entah untuk sekedar wisata biasa, olahraga ataupun foto alam dan prewedding.


Tak hanya menyajikan dari sekedar kalimat, gambar ataupun video liputan tapi juga kita lengkapi dengan denah lokasi menggunakan GPS Google Maps jadi cukup mudah untuk mengujungi lokasi tujuan wisata tersebut apalagi zaman modern saat sekarang umumnya handphone sudah dilengkapi GPS dan aplikasi Google Maps, tinggal aktifkan dan ikuti rute yang telah Admin berikan.

DAFTAR OBYEK WISATA DI BANGKALAN

WISATA ALAM

1. MERCUSUAR SEMBILANGAN


Mercusuar yang terletak di Desa Sembilangan ini merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda dan tetap eksis hingga saat ini bahkan tetap digunakan sebagai pengatur lalu lintas kapal yang berada disekitar selat Madura.

Selengkapnya: Mercusuar Bangkalan di Desa Sembilangan


2.  PANTAI SIRING KEMUNING


Bangkalan tak hanya terkenal dengan wisata religi-nya tapi juga ada Wisata Pantai yakni Siring Kemuning yang terletak di Kecamatan Tanjung Bumi, disana kalian bisa menikmati berbagai kuliner seperti Rujak Khas Bangkalan

Selengkapnya: Obyek Wisata Pantai Siring Kemuning - Tanjung Bumi


3. BUKIT KAPUR JADDIH - SOCAH


Tempat pengerukan batu kapur ini sekarang menjadi tempat hits yang banyak dikunjungi wisatawan entah lokal maupun luar madura, relief yang terbentuk hasil dari tambang batu kapur menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan apalagi sebagai latar untuk foto prewedding.

Selengkapnya: Wisata Bukit Jaddih yang cukup mempesona


4.  KOLAM RENANG GOWA POTE - JADDIH


Siapa sangka ditengah Tambang Batu Kapur Bukit Jaddih ternyata terdapat sebuah kolam yang sengaja dibentuk setelah batu kapur diambil. Sumber air diambil disekitar kolam menggunakan diesel dan banyak wisatawan yang datang berenang di area Kolam Gowa Pote.

Selengkapnya: Kolam Renang Alami Goa Pote Bukit Jaddih

 
5.  DANAU BIRU BUKIT JADDIH


Bukit Jaddih tidak hanya terkenal dengan panorama Alamnya yang memukau hasil tambang batu kapur tapi juga ada Danau buatan yang disebut dengan “Danau Biru”, kenapa biru? Karna air disitu berwarna biru akibat adanya lumut yang tumbuh.

Selengkapnya: Wisata Danau Biru Bukit Jaddih


6. BUKIT KAPUR PELALANGAN - AROSBAYA



Geser lagi ke Tambang Bukit Kapur yang tidak kalah fenomenal bahkan bisa dikatakan sudah ada sejak zaman Kerajaan, Bukit Pelalangan yang batu kapurnya berwarna coklat serta bekas galian tambang yang menarik banyak membuat wisatawan datang berkunjung.

Selengkapnya: Obyek Wisata Bukit Pelalangan 


7. PANORAMA ALAM BUKIT GEGER


Bukit Geger merupakan Peninggalan Sejarah yang konon dimana tempat berpijaknya manusia pertama di Pulau Madura. Selain adanya Petilasan Potre Koneng juga rimbunan pohon yang menarik untuk foto serta alam sekitar yang cukup indah jika dilihat dari atas bukit Geger.

Selengkapnya: Obyek Wisata Bukit Geger


8. WISATA HUTAN MANGROVE - SEPULU


Tak hanya di Surabaya yang terdapat wisata Mangrove, di Bangkalan tepatnya kecamatan Sepulu juga terdapat hutan mangrove yang sengaja di tanam dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar. Selain untuk kembang biak hewan seperti ikan juga berfungsi sebagai penahan ombak selain itu digunakan untuk melepas penat bagi wisatawan yang datang.

Selengkapnya: Wisata Hutan Mangrove - Sepulu


9. BUKIT LAMPION BERAMAH


Wisata yang lagi hits dan sudah banyak masyarakat datang berkunjung yakni Obyek Wisata Bukit Lampion Beramah atau disingkat BLB. Dari bukit tersebut kita bisa melihat hamparan alam dari ketinggian yang cukup indah dan pernak pernik lampion untuk sekedar selfie posting ke media sosial seperti facebook maupun instagram.

Selengkapnya: Wisata Alam Bukit Lampion Beramah di Galis.


10. WISATA PANTAI RONGKANG


Ada tempat wisata disekitar Jembatan Suramadu yakni Pantai Rongkang, memang tidak seindah pantai siring kemuning tapi kelebihannya adalah kita bisa berswafoto dengan latar jembatan suramadu. Dengan begitu akan nampak keindahannya dan cukup bagus jika dipajang di media sosial.

Selengkapnya: Menikmati Indahnya Jembatan Suramadu di Pantai Rongkang

WISATA RELIGI


11.  PASAREAN MAKAM SULTAN ABDUL KADIRUN


Ditengah jantung Kota Bangkalan tepatnya belakang Masjid Agung Bangkalan terdapat sebuah makam bersejarah yakni Sultan Abdul Kadirun beserta beberapa makam lainnya yang merupakan bagian dari keluarga Sultan Abdul Kadirun.

Selengkapnya: Pasarean Makam Sultan Abdul Kadirun





12. WISATA RELIGI BUKIT GEGER


Tak hanya terkenal dengan pemandangan alamnya yang cukup indah, Bukit Geger juga banyak menyimpan sejarah salah satunya adalah bekas petilasan Putri Kuning yang berupa batu dan tampak seperti tempat duduk menghadap hamparan alam sekitar.

Selengkapnya: Wisata Religi Bukit Geger


13. PASAREAN SYAICHONA MOCH. CHOLIL BIN ABDUL LATIEF


Ulama Besar yang juga turut andil dalam pembentukan Organisasi Masyarakat terbesar Nahdlatul Ulama atau NU ini disemayamkan di Desa Martajasah, Tiap hari seakan tidak pernah sepi dari kunjungan para peziarah dari berbagai daerah bahkan mancanegara.

Selengkapnya: Masjid dan Makam Syaichona Moch. Cholil


14. PESAREAN AER MATA EBU AROSBAYA


Cakraningrat I begitu kecewa mendengarkan kisah pertapaan Syarifah Ambami yang hanya menginginkan turunannya bisa menjadi penguasa hanya 7 turunan, kemudian beliau kembali bertapa sambil berlinang air mata sepanjang hari tanpa henti.

Selengkapnya: Kisah Aer Mata Ebuh – Arosbaya


15. PESAREAN SUNAN CENDANA KWANYAR


Jangan coba-coba makan Ikan Mondung jika tidak ingin kena penyakit kulit karna dalam sejarahnya Ikan tersebut meminta barokah Sunan Cendana dan Beliau mengatakan jika ada Keturunan Beliau yang makan Ikan Mondung maka akan kena penyakit kulit

Selengkapnya: Pesarean Sunan Cendana – Kwanyar


16. PERAHU SARIMUNA SYAICHONA MOCH. CHOLIL 


Perahu tersebut digunakan oleh Syaichona Moch. Cholil untuk menyebarkan dakwah Islam ke berbagai penjuru nusantara ,hingga saat ini Perahu Sarimuna sudah berumur lebih dari 125 Tahun dan keberadaannya terawat oleh masyarakat sekitar.

Selengkapnya: Perahu Sarimuna Peninggalan Syaichona Moch. Cholil


17. SUMBER AIR KOLLA AL ASROR LANGGUNDI


LANGGUNDI sendiri berasal dari kata “ILALANG, JAGUNG, PADI” merupakan peninggalan dari Kyai Asror dan beliau adalah Kakek dari Syaichona Moch. Cholil Bangkalan. Meski dekat dengan pantai dan dikelilingi tambah, namun rasa air tetap tawar tidak asin dan tidak pernah kering.

Selengkapnya: Sumber Mata Air Kola Al Asror Langgundi


18. MAKAM AGUNG AROSBAYA


Disini terdapat Makam Raden Pragalbo yang disebut sebagai Pangeran Islam Onggu’ (Islam Mengangguk) dikarenakan saat kritis beliau tidak bisa mengucapkan 2 Kalimat Syahadat dan hanya bisa mengangguk tanda setuju masuk Agama Islam.

Selengkapnya: Pesarean Makam Agung – Arosbaya


19. MAKAM ZIMAT SAYYID HUSEIN ASSEGAF


Sayyid Husein Assegaf merupakan seorang Ulama yang sangat dicintai oleh para pengikut sekaligus masyarakat Bangkalan, namun pada akhirnya wafat dibunuh karna difitnah ingin menggulingkan Raja Bangkalan pada saat itu.

Selengkapnya: Pasarean Makam Zimat Sayyid Husein Assegaf

WISATA KULINER


20. BEBEK SINJAY - KETENGAN


Kuliner yang satu ini sudah tidak asing lagi terdengar bagi para pecinta kuliner nusantara, sudah sering diliput oleh media dan menjadi rujukan para pejabat serta orang luar madura utamanya Surabaya. Rasa Bebek dan Bumbunya serta Sambal Mangga Pencit yang begitu menggugah selera menambah rasa yang cukup lezat di lidah.

Selengkapnya: Nikmatnya Bebek Sinjay Bangkalan ini.


21. RUJAK SOTO


Apa jadinya jika Rujak di campur Soto? Mungkin kalian akan penasaran dengan rasanya yang cukup membuat lidah bergoyang apalagi ditambah krupuk menjadikan rasanya lebih double dan dengan porsi yang lumayan banyak mampu membuat perut menjadi kenyang.

Selengkapnya: Kuliner Rujak Soto yang begitu nikmat dan lezat


22. KULINER MALAM NASI SETAN


Dari namanya saja sudah cukup menakutkan, tapi jangan khawatir itu hanya nama saja dan sebenarnya hanyalah sebuah nama Warung yang buka dari sore hingga menjelang subuh. Lumayan murah dan membantu mereka yang mencari makan dimalam hari.

Selengkapnya: Penasaran dengan Kuliner Nasi Setan? Yuk disimak.


23. KULINER MALAM WARUNG NASI POCONG


Tak kalah enak dengan Nasi Setan, Nasi Pocong yang satu ini juga menghadirkan rasa yang cukup nikmat dengan berbagai campuran lauk seperti Ikan Tongkol, Daging, Ayam, Tahu dan beberapa tambahan lauk lainnya. Porsinya yang lumayan banyak bisa langsung mengenyangkan lhoo.

Selengkapnya: Kuliner Malam Hari Nasi Pocong


24. KULINER MALAM RUJAK DESA


Malam-malam “Ngidam” Rujak? Nah, moment yang pas tuh buat cobain Kuliner Rujak Desa yang memang buka malam hari dari Menjelang Mangrib hingga sekitar jam 10 malam atau sampai habis. Mimin sarankan lebih awal karna banyak peminatnya lhoo.

Selengkapnya: Enaknya Kuliner Malam Rujak Desa di Bangkalan


25. KUE BONGKO AROSBAYA


Jika berkunjung ke Bukit Pelalangan atau Situs Aer Mata Ebu, jangan lupa coba Kue Bongko Khas Arosbaya yang manis dan enak dilidah. Pas untuk camilan ketika perjalanan atau buat oleh oleh untuk sanak keluarga dirumah.

Selengkapnya: Kuliner Kue Bongko Khas Arosbaya


26. NASI SERPANG


Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangkalan belum coba menikmati kuliner khas kabupaten Bangkalan yakni Nasi Serpang. Buka dari Pagi hari hingga siang dengan peminatnya yang cukup banyak dan buka dibeberapa tempat.

Selengkapnya: Kuliner Nasi Serpang Khas Bangkalan


27. TAJIN SOBIH


Tajin atau Bubur ini berbeda dari Bubur pada umumnya, rasa manis dengan tambahan gulai merah diatasnya membuat tak sabar untuk segera menikmati enaknya Tajin Sobih Khas Bangkalan ini.

Selengkapnya:  ke Bangkalan? Wajib coba Tajin Sobih.


28. NASI GORENG MADURA


Madura terkenal dengan Cita Rasa Pedas dan Asin, namun bagaimana jika kedua cita rasa tersebut menjadi satu pada sebuah makanan? Penasaran? Nah, sudah saatnya kalian mencoba Kuliner Nasi Goreng Bumbu Madura dengan perpaduan Pedas dan Asin jadi satu.

Selengkapnya: Kuliner Nasi Goreng Bumbu Madura

WISATA KELUARGA


29. TAMAN REKREASI KOTA BANGKALAN


Taman Rekreasi Kota atau disingkat TRK ini berada di Belakang Stadion Gelora Bangkalan. Berbagai fasilitas seperti Kolam Renang anak dan orang dewasa, arena bermain dan perahu di danau cukup untuk refreshing saat liburan sekolah.

Selengkapnya: Yuk Liburan Keluarga di Taman Rekreasi Kota Bangkalan


30. TAMAN PASEBAN ALUN ALUN BANGKALAN


Tepat di Jantung Kota Bangkalan terdapat Taman bermain untuk anak anak, remaja maupun orang tua. Taman yang dimaksud adalah Taman Paseban. Dinamakan Paseban karna dulunya adalah tempat istirahat Raja Bangkalan sebelum Sholat ke Masjid Agung Bangkalan.

Selengkapnya: Liburan Keluarga di Taman Paseban Bangkalan


31. PUSAT KERAJINAN BATIK TANJUNG BUMI


Madura khususnya Bangkalan terkenal dengan Batiknya yang sudah mendunia, salah satunya adalah Batik Tanjung Bumi yang sudah tidak asing bagi para pecinta Batik. Batik Gentongan adalah salah satu yang termahal karna pembuatannya yang cukup lama.

Selengkapnya: Pusat Kerajinan Batik Tanjung Bumi



32. JEMBATAN SURAMADU


Setiap ke Madura dari Surabaya jalur Suramadu menjadi yang Favorit digunakan oleh banyak orang dibandingkan menggunakan Kapal. Selain itu mereka bisa berfoto mengabadikan sekitar dengan view Jembatan Suramadu yang konon terpanjang di Asia Tenggara.

Selengkapnya: Menikmati indahnya Jembatan Suramadu

WISATA SEJARAH


33. MUSEUM BANGKALAN


Banyak koleksi benda bersejarah yang dimiliki oleh Museum Bangkalan mulai dari Alat Masak zaman dulu hingga peninggalan zaman kerajaan. Keberadaannya cukup terawat dengan baik dan kalian bisa masuk melihat berbagai benda kuno yang pas banget untuk menambah wawasan.

Selengkapnya: Melihat Sisa Sejarah Bangkalan di Museum Cakraningrat Bangkalan


Itulah beberapa Destinasi Wisata di Kabupaten Bangkalan yang bisa kalian datangi untuk berlibur bersama sanak famili dan lainnya. Jangan lupa siapkan waktu berlibur yang pas agar bisa mengunjungi semua daftar wisata yang ada diatas ya.


Tour Travel Pulau Madura

Sebarkan

Komentar Facebook

Artikel Terkait

Previous
Next Post »